Tanamkan Spirit Berbagi, Dharma Duta Gelar Ratam di LKSA

Prodi Filsafat Hind Gelar Pengabdian, Siap Terlibat Pengembangan Taman Gumi Banten Wanagiri
October 2, 2021
Pengurus Ikatan Mahasiswa Alumni STAHN Mpu Kuturan Dilantik, Siap Berperan Untuk Pengembangan Lembaga
October 6, 2021

SINGARAJA, HUMAS – Ratusan mahasiswa baru, Jurusan Dharma Duta STAHN Mpu Kuturan Singaraja mengikuti Ramah Tamah (Ratam) Jurusan selama tiga hari, terhitung Minggu (3/10) hingga Kamis (7/10) mendatang. Acara dipusatkan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Aanak (LKSA) Ananda Seva Dharma Banjar Dinas Sema, Desa Sangsit, Kecamatan Sawan.

Ratam tahun ini mengambil tema “Welcome to Dharma Duta, Langkah Awal Unjuk Diri, Raih Prestasi”. Tercatat hampir 140 mahasiswa dari Prodi Pariwisata Budaya dan Prodi Ilmu Komunikasi mengikuti ratam kali ini. Kegiatan tersebut dibuka langsung Ketua Jurusan Dharma Duta, Nyoman Suardika, S.Ag, M.Fil.H sekira pukul 07.30 Wita, yang ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis. Sedangkan peserta lainnya tetap mengikuti dengan prokes yang ketat.

Nyoman Suardika, S.Ag, M.Fil.H mengatakan, untuk menghindari kerumunan, peserta dibagi menjadi empat kelompok. Tiap kelompok rata-rata diikuti mulai dari 30 hingga 40 mahasiswa, lengkap bersama panitia. Dipilihnya LKSA Ananda Seva Dharma sebagai lokasi bukanlah tanpa pertimbangan. Pihaknya ingin mengajak mahasiswa Dharma Duta untuk mengasah kepekaan sosial dan spirit berbagi sejak dini. Terlebih, ada banyak orang yang kurang beruntung di sekitar kita, sehingga patut dibantu untuk diringankan bebannya.

“Mahasiswa bisa ikut berbagi kepada anak-anak yang kurang beruntung. Boleh berbagi apa saja, yang dikoordinir sama Panitia Ratam. Sehingga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi sesama,” jelasnya, Minggu (3/10) di sela-sela acara pembukaan.

Lanjut Suardika, ratam jurusan tak hanya sebatas kumpul-kumpul semata. Namun, ada penyamaan persepsi antara mahasiswa dan dosen di tingkat jurusan dalam proses belajar mengajar. Mahasiswa dituntut untuk lebih aktif dan kritis selama mengenyam pendidikan.

“Apalagi Dharma Duta memiliki prodi yang sifatnya semi vokasi. Ada ilmu komunikasi, ada Pariwisata Budaya. Semua memiliki peluang yang bagus dalam dunia kerja. Sehingga mahasiswa tak hanya ditempa secara akademik, namun juga skilnya. Agar siap bersaing. Nah, di ratam inilah disampaikan oleh masing-masing Prodi,” paparnya.

Tak hanya mengikuti pemaparan materi dari Jurusan dan Prodi. Peserta ratam juga adu kreatifitas untuk saling menghibur satu sama lainnya. Ada yang bernyanyi, bermain teater hingga menari. Tak pelak, suasana pun semakin hangat dan seru.

“Ini adalah awal yang baik untuk mengenal Jurusan Dharma Duta. Semoga mahasiswa tetap semangat dalam menuntut ilmu, dan tetap keratif agar suasana akademik menjadi lebih hidup dan kian bergairah,” pungkasnya. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.