STAHN Mpu Kuturan Ngayah Di Pura Agung Blambangan

Mahasiswa STAHN Mpu Kuturan Terpilih Sebagai Duta Kosmetik Aman 2022
June 16, 2022
BI Sosialisasikan QRIS di STAHN Mpu Kuturan
June 25, 2022

BANYUWANGI, HUMAS – STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja ngayah di Pura Agung Blambangan, Jawa Timur dengan melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Sabtu, 18 Juni 2022.

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan secara bersinergi antara Dosen, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Budaya Jawa, dan UKM Tari STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja, dengan menggelar Gelar Seni dan Kreasi Mahasiswa (Gandarwa) bertemakan “Baktining Nayaka Jawa Angluhurake Agama Lan Budaya“.

“Dalam bahasa Indonesia bhaktine, kita mempunyai bhakti. Bhakti pemuda-pemudi jawa untuk melestarikan agama dan budaya,” jelas Ketua Panitia Bhekti Nugroho.

Dalam kegiatan tersebut, ada berbagai kesenian yang ditampilkan. Mulai dari seni tari Gandrung, Remo, dan Topeng Malangan Jaranan Ruto. Tidak hanya kesenian dari Pulau Jawa, juga ditampilkan berbagai kesenian dari Bali, berupa Tari Truna Jaya, Kebyar Duduk, Bondres dan Joged.

“Kami sudah mempersiapkan secara matang sejak satu bulan yang lalu, termasuk berkomunikasi terus dengan Panitia di Pura Blambangan. Dan tidak hanya berkesenian, kami juga ngayah di Pura, karena pada hari itu bertepatan piodalan setrangkaian dengan Hari Raya Kuningan,” kata Bhekti.

Pelatih UKM Budaya Jawa Roni Han Wasisto mengatakan, Pengabdian Kepada Masyarakat ini terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan. Pura Agung Blambangan juga dipilih sebagai lokasi pengabdian, karena Pura ini menjadi central Umat Hindu di Banyuwangi. Apalagi bertepatan dengan Hari Raya Kuningan.

Diharapkan, UKM Budaya Jawa kedepan menjadi lebih kompak, dan kemudian mempelajari lebih banyak lagi kesenian, baik itu tari, vokal dan lebih mengembangkan kemampuan yang dimiliki untuk modal terjun ke masyarakat.

“Ini adalah momen yang tepat untuk kami di UKM Budaya Jawa sebagai bentuk sosialisasi daripada lembaga kita STAHN Mpu Kuturan agar lebih dikenal,” paparnya. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.