STAHN Mpu Kuturan Jalin MOU Dengan Bawaslu, Libatkan Mahasiswa Dalam Pengawasan Partisipatif

Ritual Mendem Dasar, Batu dan Bata “Merajah” Simbol Pondasi Spiritual
September 12, 2021
Tiga Pejabat STAHN Mpu Kuturan Dilantik, Suwindia Ingatkan Standing Position Untuk Wujudkan Visi Lembaga
September 15, 2021

SINGARAJA, HUMAS – Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Negeri Mpu Kuturan Singaraja menjalin kerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buleleng. Kedepan, Mahasiswa STAHN Mpu Kuturan akan dilibatkan dalam pengawasan partisipatif saat pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahn 2024.

Jalinan kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan Nota Kepekatan atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja Dr. I Gede Suwindia, M.A dengan Ketua Bawaslu Buleleng Putu Sugiardana yang berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan Gedung Rektorat Senin, 13 September 2021. Kerjasama akan dilakukan dalam bidang pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian dan pemberdayaan Kepemiluan.

Didampingi Wakil Ketua III Ida Bagus Wika Krishna, Gede Suwindia mengaku siap membantu Bawaslu Buleleng untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu di tahun 2024 mendatang, baik di tingkat Pusat maupun di tingkat Daerah. juga mengapresiasi program pengawasan partisipatif dari Bawaslu Kabupaten Buleleng dengan melibatkan mahasiswa dan mahasiswi STAHN Mpu Kuturan. Lembaga perguruan tinggi tersebut dinyatakan siap untuk bersinergi dengan Bawaslu Buleleng. 

“Dalam menjalankan kehidupan berdemokrasi, mahasiswa dan mahasiswi tetap harus diberikan wawasan sebagai warga Negara memiliki hak untuk mengambil peran dalam demokrasi. Dan kami memiliki mahasiswa dengan beragam aktivitas yang siap membantu Bawaslu, sehingga pelaksanaan Pemilu di tahun 2024 berjalan lancar dan baik,” ujarnya.

Menurut Suwindia, kerjasama ini akan mampu memberikan ruang seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk mengenal kehidupan demokrasi yang sesungguhnya. Ia pun menyampaikan bahwa STAHN Mpu Kuturan memiliki berbagai sarana dan prasarana yang bisa dimanfaatkan untuk pelaksanaan sosialisasi kedepan.

“Kalau memang ada kegiatan sosialisasi, kami punya kanal youtube Mpu Kuturan TV. Silahkan dimanfaatkan itu, kami siapkan sarana dan prasarananya termasuk SDM nya. Sehingga apa yang diharapkan dari sosialisasi Pemilu mendatang, bisa dicapai secara maksmal,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Buleleng Putu Sugiardana menegaskan, kesepakatan bersama ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan pelaksanaan dan mendukung program kerja yang telah dicaangkan Bawalu Buleleng.

Salah satunya adalah dalam tahapan Pemilu 2024 nanti, Bawaslu Kabupaten Buleleng melaksanakan beberapa kegiatan salah satunya sosialisasi pengawasan Partisipatif.  Setelah MoU, kegiatan sosialisasi tentang Kepemiluan akan melibatkan mahasiswa dan mahasiswi STAHN Mpu Kuturan Singaraja.

“Sekarang dengan penandatanganan ini menjadi kesempatan untuk kita mengajak STAHN Mpu kuturan untuk ikut serta melakukan pengawasan partisipatif menyongsong Pemilu 2024,”tegas Sugiardana. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.