STAHN Mpu Kuturan Gelar Pelatihan Bahasa Sansekerta

STAHN Mpu Kuturan Rancang Pembangunan Gedung Kelas Baru Tahun 2022
September 20, 2021
Lomba Foto Model 2021, Mahasiswi STAHN Mpu Kuturan Borong Dua Gelar Juara
September 21, 2021

SINGARAJA, HUMAS – Unit Pengembangan Bahasa Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Negeri Mpu Kuturan Singaraja bekerjasama dengan Yayasan Dvipantara Samskrtam menggelar Sambhasanasibiram Pelatihan Bahasa Sansekerta secara daring Senin, 20 September 2021.

Dengan melibatkan seluruh mahasiswa baru STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja, pelatihan akan berlangsung selama sebelas hari sampai dengan 1 Oktober 2021 mendatang. Kegiatan tersebut dibuka Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) I Nyoman Miarta Putra.

Dalam sambutannya, Miarta menyebut jika kegiatan pelatihan Bahasa Sansekerta ini merupakan kegiatan positif untuk memberikan bekal bagi mahasiswa baru dalam mempelajari Kitab Suci Hindu.

Sementara itu, Ketua Yayasan Dvipantara Samskrtam Dr. I Wayan Gede Suacana, M.Si. Ia menyebut jika Bahasa Sansekerta merupakan Bahasa Ibu yang sangat penting dikuasai oleh mahasiswa perguruan tinggi Hindu yang belajar mengenai kita suci Hindu.

“STAHN Mpu Kuturan Singaraja menjadi pelopor Perguruan Tinggi yang menjalin kerjasama dengan yayasan Dvipantara Samskrtam dalam membentuk kelompok belajar percakapan,” ujarnya.

Mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan pelatihan langsung mendengarkan pemaparan dari pemateri yang menggunakan Bahasa Sansekerta. Dalam pembukaan juga disampaikan tips tips dalam mengikuti kelas percakapan.

“Seperti anak kecil yang baru belajar bicara, peserta perlu lebih banyak mendengar dan mengikuti contoh kalimat dari pengajar sehingga mudah memahami gaya bahasa dalam percakapan yang selanjutnya menjadi dasar untuk memahami tata bahasa Sanskerta dengan lebih mudah,” imbuh Suacana.

Kepala Unit Pengembangan Bahasa Ni Putu Dian Utami Dewi mengatakan, kedepannya kegiatan pembelajaran Bahasa Sansekerta akan terus dilakukan secara berkesinambungan. Kerjasama juga akan dijalin dengan baik antara STAH Negeri Mpu Kuturan dengan yayasan Dvipantara Samskrtam, dan telah melahirkan wadah khusus belajar Sanskerta yakni Saṁskṛtamaṇḍalam.

“Ini adalah kelompok belajar Sanskerta untuk mahasiswa yang dilaksanakan seminggu sekali untuk memperdalam bahasa Sanskerta melalui percakapan, belajar membaca dan menulis aksara hingga melafalkan dan bertahap mempelajari sastra Hindu,” katanya. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.