STAHN Jalin Kerjasama Dengan PMI Buleleng

Debat Paslon BEM STAHN
April 11, 2021
Pengabdian Masyarakat Pasca Sarjana STAHN, Multikulturalisme Wujud Spirit Kedamaian
April 17, 2021

SINGARAJA, HUMAS – Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Negeri Mpu Kuturan Singaraja menjalin kerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Buleleg. Jalinan kerjasama ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang berlangsung Kantor Bupati Buleleng Jumat, 16 April 2021.

Penandatanganan Mou tersebut berlangsung di ruang kerja Wakil Bupati Buleleng dr. Nyoman Sutjidra yang juga sebagai Ketua PMI Buleleng. Dari STAHN Mpu Kuturan, penandatanganan nota kesepahaman diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Ida Bagus Wika Krishna.

Kerjasama tersebut terkait dengan pembentukan Korps Sukarela (KSR) PMI Unit STAHN Mpu Kuturan. Keberadaan Unit KSR PMI STAHN merupakan salah satu tambahan relawan yang nantinya akan bergerak dibidang social dan kemanusiaan.

Nantinya, anggota yang ada di unit KSR STAHN akan mendapatkan pemahaman dan praktek melalui berbagai kediatan pendidikan dan pelathan dasar, sehingga nantinya memahami betul dalam menangani masalah-masalah kemanusiaan dan kebencanaan di Kabupaten Buleleng.

“Jadi dalam hal penanggulangan bencana mereka juga akan diberikan pembekalan-pembekalan. Karena ini musim pandemi, mungkin secara luring tidak bisa namun secara daring sudah. Nanti secara praktek akan dilakukan setelah keadaan COVID-19 ini membaik,” ujar Ketua PMI Buleleng Nyoman Sutjidra.

Sementara itu, Ida Bagus Wika Krishna menyebutkan jika kerjasama ini akan menekankan pendidikan untuk mahasiswa. Ini dibutuhkan karena kampus adalah jembatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan sisi kemanusiaannya dalam kehidupan bermasyarakat ke depan.

Dalam situasi pandemi COVID-19 saat ini, mahasiswa yang tergabung dalam KSR PMI Unit STAHN Mpu Kuturan Singaraja bersama markas PMI terus bergerak. Utamanya dalam penanganan COVID-19. Salah satu yang rutin dilakukan adalah upaya pencegahan dengan melaksanakan penyemprotan desinfektan secara rutin, utamanya di lingkungan Kampus STAHN.

“Tentu saja dalam pengembangannya akan rutin menjalankan diklatsar untuk pendidikan calon-calon relawan bagi kami di kampus. Kerjasama ini tentunya akan berjalan terus dari tahun ke tahun,” kata Gus Wika. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.