STAHN Jalin Kerjasama Dengan Kanwil Kemenang Sumatera Utara

Mpu Kuturan TV; Inovasi Di Tengah Pandemi
March 16, 2021
Anak Usia Dini Penting Belajar Seni
March 19, 2021

SINGARAJA, HUMAS – Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Negeri Mpu Kuturan Singaraja menjalin kerjasama dengan Kantor Wilayah kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kunjungan STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja ke Provinsi Sumatera Utara dipimpin langsung Ketua Dr. I Gede Suwindia, M.A didampingi Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) Dr. I Nyoman Miarta Putra. S.Ag., M.Ag. Kunjungan tersebut juga berkaitan dengan kegiatan Kunjungan Kerja Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Hindu Kemenag RI Tri Handoko Seto.

Gede Suwindia menjelaskan, dari kerjasama yang terjalin, selanjutnya Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, akan menjadi mitra Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja dalam Pengembangan dalam melakukan Pembinaan Umat Hindu dengan memfokuskan kepada Tri Dharma Perguruan Tinggi, baik untuk Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Selain itu, pengembangan pendidikan juga dilakukan melalui pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, kebudayaan dan agama yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara.

“Tujuan kerjasama ini jelas adalah untuk meningkatkan akses, mutu, dan relevansi pelaksanaan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja. Kemudian untuk memanfaatkan dan memberdayakan kemampuan, keahlian, dan pengalaman sumber daya manusia dari kedua belah pihak,” jelas Suwindia.

Selain melaksanakan penandatanganan kerjasama, Kunjungan ke Provinsi Sumatera Utara, Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja juga mendampingi Dirjen Bimas Hindu untuk mengunjungi beberapa lokasi. beberapa diantaranya adalah mengunjungi Kuil Agung Shri Mariamman. Rombongan mendapat kehormatan dan disambut dengan pengalungan kain khas Indoa oleh Masyarakat Hindu Etnis Tamil. Kemudian, Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja Gede Suwindia juga menyerahkan bantuan kepada umat Hindu bertempat di Pura Darma Pratama, Desa Bintang Meriah, Kabupaten Karo. Bantuan yang diserahkan berupa seperangkat sarana kepemangkuan. Yakni Bajra, Sangku tempat Tirta, Tempat Bija, dan Sesirat masing-masing sebanyak dua paket. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.