STAHN Dan Konjen AS Siap Jalin Kerjasama

Made Ariyana, Menangkan Pemilu Raya HMPS Sastra Agama dan Pendidikan Bahasa Bali
March 22, 2021
Gelar Dies Natalis ke-5 STAHN Mpu Kuturan Singaraja Siap Berkolaborasi
March 23, 2021

SINGARAJA, HUMAS – Ketua Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Negeri Mpu Kuturan Singaraja Dr. I Gede Suwindia, M.A didampingi Wakil Ketua III Ida Bagus Wika Krisna dan beberapa dosen menerima kunjungan dari Konsulat Amerika Serikat di Surabaya Senin, 22 Maret 2021.

Dalam pertemuan itu, Ketua STAHN Suwindia menyampaikan keinginan besar lembaga untu bisa menjalin kerjasama dengan Konsulat Amerika Serikat dalam sektor Pendidikan. Rencananya, STAHN Mpu Kuturan Singaraja akan mengajukan kerjasama untuk pembangunan American Corner di Kampus

Menurutnya, kerjasama dalam pendidikan bisa dilaksanakan untuk peningkatan SDM kelembagaan melalui program beasiswa, short course, pertukaran mahasiswa, dosen dan kolaborasi budaya untuk mengenal kedua belah pihak negara. Pihaknya berharap kerjasama tersebut kedepannya bisa memperkuat kelembagaan dan hubungan diplomatik antar negara.

“Kami memiliki SDM potensial dan dosen muda yang mumpuni untuk study. Mungkin dalam waktu dekat kita awali dengan membuat American Corner di kampus kami. Jadi segala bentuk pendidikan yang ada di Amerika Serikat bisa diketahui oleh sivitas akademika STAHN,”ujarnya.

Wakil Kepala Bagian Politik Dan Ekonomi Konsulat Amerika Serikat di Surabaya, Dilan Hoey menyampaikan ketertarikannya dengan potensi yang ada di Kabupaten Buleleng. mulai dari sektor pendidikan, pariwisata, hingga budaya, termask menyambut baik rencana kerjasama tersebut. Ia menyampaikan agar ada penyampaian surat secara resmi dari STAHN Mpu Kuturan Singaraja untuk selanjutnya dapat ditindaklanjuti.

“Mungkin supaya ada formalitas kami tunggu surat atau semacam proposal untuk bisa merealisasikan kerjama. khususnya American Corner itu,” ucapnya.

Pertemuan diakhiri dengan penyerahan Plakat STAHN Mpu Kuturan Singaraja sebagai kenang-kenangan kepada Konsulat Amerika Serikat di Surabaya. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.