STAHN Borong Dua Juara Dalam Lomba Mapidarta Bahasa Bali

Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani
February 26, 2021
Pemaparan Rencana Pembangunan Gedung Kelas Tahap II STAHN
March 3, 2021

Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Negeri Mpu Kuturan Singaraja berhasil memborong dua gelar juara dalam Lomba Mapidarta Bahasa Bali serangkaian dengan Bulan Bahasa Bali yang digelar Universitas PGRI Mahadewa Indonesia.

Dalam perlombaan yang digelar secara virtual tersebut, Mahasiswa STAHN Mpu Kuturan Singaraja berhasil meraih juara 1 dan juara 3 untuk tingkat Perguruan Tinggi se Provinsi Bali. Untuk juara 1 diraih oleh Putu Putri Adelia Savitri. Mahasiswa program studi Sastra Agama dan Pendidikan Bahasa Bali ini berhasil mengungguli perwakilan mahasiswa dari Universitas Udayana yang harus puas berada pada peringkat kedua.

Sementara untuk juara tiga, berhasil diraih Wayan Puji Arni, yang juga mahasiswa program studi Sastra Agama dan Pendidikan Bahasa Bali STAHN Mpu Kuturan Singaraja.

Komang Puteri Yadnya Diari, S.S., M.Pd selaku pembina menjelaskan, persiapan untuk mengikuti lomba ini sudah dilakukan selama satu setengah bulan yang lalu. Pertemuan dilakukan setiap minggu untuk memberikan pengarahan.

Puteri Yadnya menyebut jika keduanya memang ditarget untuk bisa meraih juara dalam lomba kali ini. Sehingga proses pembinaan dilakukan lebih intensif. Ia pun optimis bisa mencapai target juara, karena melihat kedua mahasiswa tersebut memang memiliki bakat dalam hal mapidarta Bahasa Bali. “Kalau bakat dari modal suara memang mereka punya modal. Latihan dari segi pengolahan tema, penguasaan bahasa bali secara lisan yang banyak dilatih, baik dari pengucapan yang benar maupun penggunaan bahasa sesuai Anggah ungguh yang tepat. Ditambah bagaimana mereka menguasai “tetingkesan” mapidarta yang sesuai, baik dari ekspresi maupun gerak tangan,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.