Seluruh Prodi Terakreditasi, STAHN Mpu Kuturan Genjot Akreditasi Institusi

Tepis Ketabuan Mistisisme Melalui Seminar Nasional
June 30, 2021
TUTORIAL PENGGUNAAN SIMPEG
July 6, 2021

SINGARAJA, HUMAS – Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Negeri Mpu Kuturan Singaraja telah menuntaskan proses akreditasi untuk seluruh Program Studi yang ada. Kini, Perguruan Tinggi Agama Hindu Negeri satu-satunya di Bali Utara ini akan mempersiapkan diri untuk proses akreditasi institusi.

Sepuluh Program Studi (Prodi) yang telah terakreditasi masing masing Filsafat Hindu, dan Teologi Hindu, Jurusan Brahma Widya dengan nilai baik. Kemudian Prodi PGSD, PG-PAUD, Pendidikan Agama Hindu, Jurusan Dharma Acarya mendapatkan nilai baik.

Untuk Jurusan Dharma Duta, Prodi Penerangan Agama Hindu, Pariwisata Budaya, dan Ilmu Komunikasi juga masing-masing mendapatkan nilai Baik. Pada Jurusan Dharma Sastra, Prodi Hukum Hindu mendapatkan nilai Baik. Selain itu, Program Pascasarjana mendapat nilai Baik Sekali.

Sementara untuk satu Prodi yakni Sastra Agama dan Pendidikan Bahasa Bali Jurusan Dharma Acarya baru saja menyelesaikan proses akreditasi.

Ketua Sekolah Tinggi Agama Hindi (STAH) Negeri Mpu Kuturan Singaraja Dr. I Gede Suwindia, M.A mengaku bersyukur karena proses akreditasi untuk semua prodi sudah terselesaikan. Bahkan prosesnya lebh cepat dari yang ditargetkan.

“Target kita sebenarnya Oktober seluruh Prodi termasuk Pascasarjana terakreditasi. Tapi ini Juni semua sudah selesai. Ini Prodi SAPBB saja hanya tinggal menunggu keluarnya nilai dari BAN-PT,” jelasnya.

Selesainya proses akreditasi untuk semua prodi tidak lantas membuat STAH Negeri Mpu Kuturan terlena. Kini, lembaga tersebut kembali akan bersiap untuk berlari kencang mempersiapkan proses akreditasi istitusi. Suwindia mengatakan, Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen Perguruan Tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program Tridharma Perguruan Tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan.

“Karena STAHN Mpu Kuturan targetkan akreditasi institusi akhir tahun kita siapkan dan berproses, awal tahun 2022 sudah turun tim nya. Kalau memungkinkan sih keinginan kita di tahun ini (2021, red) juga bisa turun tim nya,” tegas Suwindia. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.