Sathya Kori, Mahasiswa STAHN Mpu Kuturan Sabet Jawara Lomba Mendongeng Mahima se-Indonesia

Pembekalan dan Pelepasan Mahasiswa KKN STAHN Mpu Kuturan, Sedana: Mahasiswa Wajib Berikan Sumbangsih Untuk Kemajuan Desa
September 27, 2022
Mahasiswa KKN STAHN Mpu Kuturan Tanam Puluhan Pohon di Munduk
October 14, 2022

SINGARAJA, HUMAS – Mahasiswa STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja Kadek Sathya Kori Mancika kembali mengharumkan nama lembaga. Dalam lomba mendongeng se-Indonesia yang digelar Komunitas Mahima, Mahasiswi Jurusan Dharma Duta ini berhasil menyabet gelar jawara.

Dalam Lomba Mendongeng Mahima se-Indonesia 2022 serangkaian Festival Mendongeng Mahima, Kori, demikian Ia akrab disapa membawakan sebuah dongeng berjudul Kepi si Penyelamat Lautan. Ia mendapatkan referensi cerita itu dari media Google dan juga Youtube, yang dibumbui sedikit improvisasi termasuk menambahkan pesan-pesan pada akhir cerita.

Alhasil, perempuan kelahiran Tejakula, 21 januari 2003 berhasil tampil sebagai juara 1 untuk kategori umum. “Dongeng ini tentang difabel. Dimana cerotanya menggambarkan perilaku manusia lewat tokoh hewan, hewan kepiting dan lobster,” kata Kori.

Menurut mahasiswa Prodi Ilkom STAHN Mpu Kuturan Singaraja ini, ada banyak pesan yang terkandung dalam dongeng yang dibawakannya.

Pertama kata dia, siapapun tidak boleh sombong atas apa yang telah dimiliki termasuk itu tentang kemampuan pada diri. Karna tuhan menciptakan mahkluk dengan perbedaan masing-masing, baik itu kelebihan maupun kekurangan itu sudah diatur sesuai porsinya, sehingga harus bisa saling menerima satu sama lain.

Kemudian yang kedua lanjut Kori, hal dan siapapun yang menyakiti, maafkanlah. Karena pada dasarnya siapapun tidak berhak menghukum orang lain atas kesalahan yang mereka perbuat kepada.

“Ceritanya singkat, pesannya juga mudah diambil dan tokoh-tokohnya juga mudah untuk Kori perankan dengan dua suara yang berbeda,” tuturnya.

Keberhasilan Kadek Sathya Kori Mancika meraih juara 1, berhasil menambah koleksi dari STAHN Mpu Kuturan Singaraja. Apalagi, Kori memang dikenal sebagai mahasiswi yang aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan lomba, dan berhasil meraih berbagai gelar juara. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.