Prodi PGSD STAHN Berbagi Ilmu Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring

Mpu Kuturan TV Banjir Dukungan Dari Pejabat Hingga Artis
March 24, 2021
BAN PT Visitasi Prodi Filsafat Hindu, Optimis Sangat Baik
March 30, 2021

SINGARAJA, HUMAS – Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Negeri Mpu Kuturan memanfaatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk berbagi ilmu tentang penggunaan aplikasi pembelajaran daring.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat itu berlangsung selama dua hari yakni 24 dan 25 Maret 2021, yang berlokasi di Kecamatan Sawan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sedikitnya ada 22 orang guru yang terlibat yang merupakan perwakilan dari masing-masing gugus di SD Kecamatan Sawan yang hadir di SDN 4 Sangsit, Kecamatan Sawan. Selain menghadirkan langsung puluhan guru SD, kegiatan juga diikuti guru lainnya secara daring.

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Ketua I STAHN Mpu Kuturan Singaraja Dr. I Made Sedana, S.Pd., M.Pd. didampingi Kepala P3M Dr. I Nyoman Miarta Putra, S.Ag., M.Ag. dan Ketua Jurusan Dharma Acarya Dr. IG Agung Jaya Suryawan, S.Ag., M.Ag.

Ketua Panitia Ni Putu Candra Prastya Dewi, M.Pd menjelaskan, pengabdian kepada masyarakat ini mengambil tema “Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital di Masa Pandemi Covid-19″. Selama ini, kompetensi guru SD dalam menggunakan aplikasi pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 dirasakan masih kurang. Sehingga dalam kegiatan tersebut, para dosen berbagi pengetahuan tentang Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring.

Mulai dari Pembuatan Google Clasroom untuk Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19, Penyusunan RPP daring di Masa Pandemi Covid-19,  Pembuatan Kuis daring dengan Google Form di Masa Pandemi Covid-19, dan Pembuatan Kuis Daring dengan Quizizz di Masa Pandemi Covid-19.

Candra berharap agar kegiatan ini dapat dijadikan bahan masukan bagi para guru di SD di Kecamatan Sawan untuk mengelola pembelajaran daring secara lebih inovatif, sehigga membangkitkan minat belajar siswa di masa pandemi covid-19.

“Kegiatan ini juga diharapkan bisa mewujudkan sinergi antara manusia dengan teknologi agar terwujud masyarakat sejahtera dan mampu menguasai teknologi utamanya di era society 5.0,” harapnya.

Sementara itu, Kaprodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja Made Adi Nugraha Tristaningrat, M.Pd sangat senang setelah melihat antusias dari peserta. Ia pun berharap kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bisa dilaksanakan secara berkesinambungan.

“Kegiatan pengabdian berjalan maksimal, dengan antusias peserta yang bagus, dan juga berjalan dengan tertib dan lancar meskipun ditengah situasi pandemi. Kegiatan seperti ini, bagaimanapun situasinya harus tetap dilakukan, agar dosen tetap produktif dan pendidikan harus juga bisa berjalan dengan baik,” ujarnya. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.