PMB STAHN Mpu Kuturan Dimulai, Panitia Gencarkan Sosialisasi

Pimpin Apel HAB 2022, Ketua STAHN Mpu Kuturan Serukan Soliditas Dan Solidaritas
January 3, 2022
Gambarkan Meditasi Sebagai Solusi Stres Saat Pembelajaran Daring, Mahasiswa STAHN Mpu Kuturan Raih Jawara Lomba Poster se Bali
January 7, 2022

Panitia PMB STAHN Mpu Kituran Singaraja melaksanakan sosialisasi di SMK Negeri 1 Sawan, Selasa, 4 Januari 2022

SINGARAJA, HUMAS- Pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2022-2023 Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja dimulai. Panitia memulai dengan menggencarkan proses sosialisasi.

Ketua panitia PMB STAHN Mpu Kuturan Singaraja Gede Yoga Satrya Wibawa, M.H menjelaskan, secara resmi pelaksanaan pendaftaran untuk PMB tahun akademik 2022-2023 sudah dibuka sejak Selasa, 4 Januari 2022. Menurutnya, ada empat jalur yang bisa diikuti oleh masyarakat yang ingin mendaftar. Yakni jalur Program Indonesia Pintar Kuliah (PIPK), Undangan, Prestasi, serta jalur Reguler.

Yoga mengatakan, sebagai upaya untuk penjaringan mahasiswa baru, panitia juga akan mengintensifkan sosialisasi, yakni dengan menyasar Sekolah, Desa, Instansi pemerintah bagi pegawai yang ingin meningkatkan kualifikasi pendidikan, Pasraman dan juga Komunitas-komunitas.

“Untuk sementara focus kita masih di dalam area Bali dulu. Tapi berkaca pada PMB tahun lalu banyak mahasiswa kita dari Jawa dan Sulawesi, sehingga tidak menutup kemungkinan akan menyasar beberapa tempat disana. Yang kita inginkan mengenalkan kampus STAHN Mpu Kuturan Singaraja ini dikantong umat Hindu lainnya tidak hanya di Bali,” jelasnya.

Yoga Satrya Wibawa yang juga Dosen Hukum Jurusan Dharma Sastra ini menyebut jika target penerimaan mahasiswa baru tahun ini tidak berbeda jauh dengan target tahun lalu, yakni 500 orang. Hanya saja, untuk proses PMB tahun ini lebih didukung kesiapan sarpras di Kampus dengan telah terbangunnnya gedung baru untuk Jurusan Dharma Duta dan Dharma Acarya. Sementara gedung untuk Jurusan Brahma Widya dan Dharma Sastra juga akan dibangun tahun 2022 ini.

“Yang terpenting ingin kami sampaikan adalah saat ini seluruh Prodi baik S1 dan Pasca Sarjana di STAHN Mpu Kuturan Singaraja sudah terakreditasi. Dan kini dalam proses akreditasi institusi. Jadi teman-teman ASN yang ingin meningkatkan kualifikasi pendidikan bisa bekerjasama dengan kami untuk melanjutkan pendidikan. Dengan akreditasi ini juga akan menjadi daya saing lulusan kita nantinya,” tegasnya.

Untuk diketahui, Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja saat ini memiliki sembilan Prodi untuk jenjang S1 yakni Prodi Pendidikan Agama Hindu, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Guru PAUD, Sastra Agama dan Pendidikan Bahasa Bali, Pariwisata Budaya Hindu, Ilmu Komunikasi, Filsafat Hindu, Teologi Hindu, dan Prodi Hukum Hindu. Sementara satu program di Pasca Sarjana yakni Magister Pendidikan Agama Hindu. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.