PKL Jadikan Mahasiswa Brahma Widya Semakin Inovatif

HMPS PGSD STAHN Mpu Kuturan Gelar Sharing Is Caring, Tumbuhkan Semangat Belajar Dimasa Pandemi
August 16, 2021
Gambaran Visi Besar Lembaga Dalam Theme Song STAHN Mpu Kuturan
August 18, 2021

SINGARAJA, HUMAS – Pengalaman menjadi guru terbaik bagi semua orang, tidak terkecuali mahasiswa yang harus menambah wawasan dari berbagai sumber walau dalam kondisi pandemi. Sempat tertunda beberapa kali, akhirnya praktik kegiatan lapangan (PKL) Jurusan Brahma Widya dilaksanakan.

Kegiatan ini menjadi wahana bagi mahasiswa menambah pengalaman serta mengukur potensi diri dengan berinovasi dalam kondisi PPKM seperti saat ini. Penyerahan mahasiswa PKL Jurusan Brahma Widya digelar secara daring menjadi awal kesempatan tersebut, Senin (16/08). Ketua panitia PKL Jurusan Brahma Widya, I Putu Ariyasa Darmawan, M.Ag. dalam laporannya menyampaikan melakukan inovasi dalam melakukan tugas dan selalu menjalin komunikasi dengan pihak-pihak terkait.

“Rekan-rekan mahasiswa saat terjun ke masyarakat harus melakukan inovasi, walaupun di masa PPKM seperti sekarang. Selalu berkonsultasi dengan dosen pembimbing dan pembimbing lapangan. Inovasi yang kami harapkan ialah mahasiswa mampu menghasilkan produk digital dalam menyebarkan informasi tentang filsafat dan Teologi Hindu yang mampu diakses oleh masyarakat luas, tidak hanya di kabupaten Buleleng”, paparnya.

Ketua Jurusan Brahma Widya Dr. Drs. I Wayan Gata, M.Pd. juga menggungkapkan hal serupa. Ia berpesan agar mahasiswa memanfaatkan berbagai aplikasi digital dalam melaksanakan program kerja yang telah dirancang. Selain itu ia juga menegaskan bahwa PKL bukan semata berorientasi pada nilai akademik, namun lebih menekankan pengalaman dilapangan yang dipandu masing-masing pembimbing.

“Mahasiswa yang melaksanakan PKL agar tetap menjaga nama baik STAHN Mpu Kuturan Singaraja sesuai dengan visi misi STAHN Mpu Kuturan Singaraja walaupun secara online. manfaatkan media digital sebaik-baiknya agar menghasilkan sesuatu yang berguna, yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas, termasuk fasilitas media dari kampus untuk menyebarluaskan ajaran dharma, seperti Mpu Kuturan TV. Pada hakekatnya PKL ini bukan hanya sekedar mencari nilai PKL, namun menambah pengalaman di lapangan yang nantinya bisa diaplikasikan setelah selesai menempuh perkuliahan”, jelas doktor ilmu agama ini.

Kasi Ura Kementerian Agama Kabupaten Buleleng I Ketut Ariawan, S.H., M.Pd.H. mengapresiasi apa yang dilakukan Jurusan Brahma Widya. Ia menaruh harapan bahwa kerjasama yang dijalin dalam bentuk PKL ini mampu berkontribusi bagi masyarakat khususnya di Buleleng.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Jurusan Brahma Widya atas kepercayaannya memilih Kemenag Buleleng sebagai lokasi PKL, serta berharap kerjasama dalam memajukan nilai-nilai agama terus dapat dilanjutkan. Banyak hal dari filosofi agama Hindu belum tersentuh di masyarakat, agar bisa dijangkau oleh mahasiswa Brahma Widya”, ujarnya

Sekretaris PHDI Kabupaten Buleleng Dr. Drs. I Putu Gede Parmajaya M.Pd. juga sangat antusias terhadap pelaksanaan kegiatan ini. ia memberikan gambaran kondisi masyarakat di Kabupaten Buleleng yang memiliki kearifan lokal yang kuat. Ia juga memberikan akses informasi kepada mahasiswa melalui sekretariat yang nanti akan dibantu oleh staf disana.

“Kondisi Buleleng dalam praktek beragama sebagai gambaran mahasiswa untuk membuat program kerja, yang pada hakekatnya mengedepankan kearifan lokal yang diperkuat dengan dasar sastra suci agama, kami juga akan terbuka menerima mahasiswa yang membutuhkan data di sekretariat. Kami memiliki staf yang siap membantu adik-adik mahasiswa”, tegasnya.

Praktik Kegiatan Lapangan Jurusan Brahma Widya tahun 2021 yang dilakukan secara daring diikuti oleh 26 Mahasiswa yang terdiri dari 12 mahasiswa Filsafat Hindu, dan 14 mahasiswa Teologi Hindu secara online dimulai dari tanggal 16 Agustus 2021 sampai 3 September 2021. Pada acara penyerahan ini Ketua Jurusan Brahma Widya menyerahkan mahasiswa Filsafat Hindu kepada PHDI Kabupaten Buleleng yang diterima Sekretaris Dr. Drs. I Putu Gede Parmajaya M.Pd. dan mahasiswa Filsafat Hindu kepada Kementerian Agama Kabupaten Buleleng yang diterima Kasi Ura I Ketut Ariawan, S.H., M.Pd.H. Turut hadir dalam acara ini, pembimbing dari Kementerian Agama Kabupaten Buleleng, Nyoman Wilasa, S.Pd., M.Pd.H., pembimbing dari PHDI Kabupaten Buleleng, Dr. Drs. I Nengah Endra Suanthara, M.Si., dosen pembimbing Ida Bagus Putu Eka Suadnyana, S.H.H., M.Fil.H., Ayu Veronika Somawati, M.Fil.H., I Wayan Kariarta, S.Fil.H., M.Ag., I Wayan Sunampan Putra, M.Ag., Yunitha Asri Diantary Ni Made, M.Ag., serta pimpinan di Jurusan Brahma Widya. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.