PG PAUD STAHN Mpu Kuturan Rilis Jingle “Salam Ceria”

Mahasiswa Dharma Acarya Laksanakan Praktik Kemampuan Mengajar
July 12, 2022
Kembangan Model Pembelajaran, Prodi Ilmu Komunikasi Hindu Gelar Bechmarking ke UGM dan UIN Suka
August 11, 2022

SINGARAJA, HUMAS – Prodi Pendidikan Guru (PG) PAUD STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja merilis jingle berjudul “Salam Ceria” serangkaian dengan puncak kegiatan Festival PAUD (FesPA) yang berlangsung di Aula Kampus jalan Kresna Singaraja Selasa, 26 Juli 2022.

Hari yang cerah

Matahari bersinar terang

Jiwa-jiwa penuh cahaya

Menyambut Dunia

Generasi Sehat dan Cerdas Berkarakter luar Biasa

Bali Utara tanah ku lahir

Mpu Kuturan selalu di hati

Prodi Paud Salam Ceria

Dari Kami yang selalu Bahagia

Demikian sepenggal lirik dari jingle “Salam Ceria” yang ditulis langsung oleh Kaprodi PG PAUD Kadek Bayu Indrayasa dan Ni Made Ari Dwijayanti. Jingle tersebut memang diciptakan dengan kata-kata yang sederhana, namun penuh dengan makna. Dan yang menarik, jingle yang dinyanyikan oleh Mahasiswa Prodi PG PAUD Ni Komang Candrani Dewi itu memang sengaja diciptakan untuk hadiah dari pelaksanaan Festival PAUD pertama tersebut.

Kadek Bayu Indrayasa menjelaskan, proses creative penggarapan jingle ini terbilang singkat. Hanya memakan waktu sekitar 14 hari. Jingle ini memang menjadi cita-cita sebagai upaya untuk membranding Prodi yang dipimpinnya. Akhirnya berhasil diwujudkan untuk menjadi kado istimewa dalam pelaksanaan Festival PAUD.

“Salam ceria merupakan salam yang selalu kami di Prodi kumandangkan, mengingat pendidikan anak usia dini dan generasi anak usia dini itu harapan kami menciptakan generasi yang sehat, cerdas, ceria, berkarakter, dan  berbahagia, sesuai dengan judul dan isi lirik tersebut,” jelasnya.

Untuk proses aransemen musiknya, Bayu menggandeng Kadek Anggara Rismandika dan Komang Agus Wira Pradana Siwi, termasuk melibatkan mahasiswa yang tergabung dalam UKM Tabuh. Setelah prosesnya selesai, barulah pada penentuan vokalis yang akan melantunkan jingle tersebut.

“Termasuk dalam pemilihan penyanyi sebenarnya tidak terencana. Namun ada mahasiswa yang menyarankan candrani sebagai penyanyinya dan itu sejalan dengan permintaan dari komposer bahwa candrani yang cocok untuk menyanyikan jingle paud tersebut. Akhirnya diputuskan dia yang menyanyikan,” kata Bayu. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.