Pertebal Pemahaman Mahasiswa, Jurusan Brahma Widya Agendakan Tirtayatra setiap Semester

PKL Prodi Filsafat Hindu Berakhir
September 8, 2022
UKM Persma Gelar Workshop Kehumasan dan Jurnalistik
September 11, 2022

SINGARAJA, HUMAS – Geliat aktivitas tatap muka yang intens belakangan ini mendorong Jurusan Brahma Widya melaksanakan kegiatan yang menunjang kegiatan pembelajaran secara luring. Kegiatan Tirtayatra digagas sebagai bentuk penunjang kegiatan perkuliahan yang biasa dilakukan di kampus.

Kegiatan yang digelar Jumat (09/09) di kawasan Kecamatan Gerokgak, yaitu Pura Sakti dan Pura Pulaki. Ketua Jurusan Brahma Widya Dr. Drs. I Wayan Gata, M.Pd. dalam sambutannya menjelaskan pentingnya pelaksanaan Tirtayatra bagi mahasiswa Program Studi Filsafat Hindu dan Teologi Hindu. Ia juga menekankan kegiatan ini akan dijadikan program tetap dan diagendakan minimal tiap semester.

“Kegiatan Tirtayatra ini akan kami jadikan penguatan dan mempertebal pemahaman kita semua terutama adik-adik mahasiswa di kedua prodi, karena kegiatan ini akan menjadi tambahan ilmu dan pengalaman yang sebelumnya dijelaskan oleh bapak dan ibu dosen di kelas. Kami juga akan merancang kegiatan ini sebagai kegiatan tetap di jurusan yang dilaksanakan tiap semester atau minimal setahun dua kali”, Paparnya.

Ketua Panitia Kegiatan Ketut Agus Nova, S.Ag., M.Fil.H. menguraikan tentang jalur yang akan dilalui dan kegiatan apa saja yang dilakukan peserta. Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan swadaya yang tidak dipaksakan kepada mahasiswa maupun dosen yang ikut serta.

“Peserta berkumpul di kampus STAHN Mpu Kuturan Singaraja di Jalan Menjangan untuk di data kehadirannya, selanjutnya rombongan akan menuju Pura Sakti untuk melakukan pembersihan atau melukat dan juga sembahyang. Setelah selesai di Pura Sakti rombongan diajak menuju Pura Pulaki untuk melakukan persembahyangan dan terakhir kembali menuju kampus. Sumber dana kegiatan ialah dari iuaran peserta dan kami tidak memaksakan agar seluruh mahasiswa atau dosen untuk terlibat dalam kegiatan ini”, tegasnya.

Salah satu peserta kegiatan Putu Agustiantini, S.Par merasa sangat nyaman dan senang mengikuti kegiatan. Selain mendapat kesempatan untuk bersembahyang bersama, kegiatan dirasakan santai dan menyenangkan karena di setiap Pura waktu yang diberikan sudah sesuai dengan kondisi yang diinginkan peserta.

“Hari ini kegiatan terasa menyenangkan dan nyaman buat saya, karena bisa bersembahyang bersama-sama mahasiswa dan dosen di Jurusan Brahma Widya ditambah waktu dan tempat yang tepat, sehingga di setiap Pura yang dituju terasa santai dan persembahyangan terasa hikmat”, katanya.

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan peserta terdiri dari dosen dan mahasiswa Jurusan Brahma Widya ini berlangsung kurang lebih setengah hari. Di setiap akhir persembahyangan diselipkan pula penyerahan bantuan berupa Dana Punia kepada pengayah dan pemangku Pura yang diserahkan langsung oleh Ketua Jurusan Brahma Widya (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.