Perkuat Karakter dan Disiplin, Menwa STAHN Mpu Kuturan Singaraja Gelar Latihan Pemantapan dan Tradisi Pemoskoan

Pimpinan STAHN Mpu Kuturan Singaraja melakukan Audiensi dengan beberapa Pejabat di Kementerian Agama RI
August 27, 2020
Terima Bantuan 3000 Masker, Mahasiswa STAHN Mpu Kuturan Singaraja Siap Distribusikan di Lokasi Kuliah Kerja Nyata
August 31, 2020

Protokol Kesehatan yang ditetapkan pemerintah saat ini menjadi sebuah tantangan bagi civitas akademika untuk dapat beraktivitas tanpa mengabaikan pola hidup bersih dan sehat. Mahasiswa sebagai insan yang terdidik tentu mampu mengindahkan hal, namun tetap berkreatifitas sesuai minat dan bakatnya. Hal ini senada pula dengan arahan Ketua STAHN Mpu Kuturan saat upacara peringatan ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia untuk waspada, tetapi tidak phobia terhadap pandemi. Menyikapi hal itu Resimen Mahasiswa Satuan D-927 Wira Gunaprya sebagai UKM di lingkungan STAHN Mpu Kuturan Singaraja melaksanakan Latihan Pemantapan dan Tradisi Pemoskoan pada Jumat (28/08) di Kampus STAHN Mpu Kuturan, Jalan Kresna, Singaraja. Wakil Ketua I STAHN Mpu Kuturan Singaraja Dr. I Made Sedana, S.Pd., M.Pd dalam sambutanya mewakili Ketua mengungkapkan kediplinan adalah sikap yang membuat kita dan bangsa ini mampu menghadapi berbagai tantangan. Bangsa-bangsa lain yang memiliki kedisiplinan dan karakter yang kuat mampu berbenah dengan cepat setelah dilanda permasalahan sesulit apapun. 

“Kedisiplinan menjadi kunci keberhasilan sebuah bangsa dalam menghadapi masalah. lihat saja negara jepang yang dulu pernah porak poranda akibat serangan sekutu, mampu berbenah bahkan menjadi unggul dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Tentu saja karena masyarakatnya memiliki kedisiplinan dan etos kerja yang tinggi. Kegiatan ini kami harapkan menuju tujuan yang sama yakni memperkuat karakter dan disiplin bagi mahasiswa”, Tegas pria yang pernah menjabat sebagai Kabid Pembinaan SMP Disdikpora Kabupaten Buleleng

Pembina UKM Menwa I Made Hartaka menjelaskan kegiatan pelatihan ini juga merupakan contoh kepada civitas akademika STAHN Mpu Kuturan untuk dapat melaksanakan aktivitas di masa new normal dengan mengindahkan protokol Kesehatan.  Dengan harapan turun dapat berperan dalam mengerakkan roda perekonomian sesuai himbauan pemerintah walaupun dalam skala kecil.

“Kegiatan ini menjadi kegiatan pelatihan tatap muka pertama yang di gelar di STAHN Mpu Kuturan Singaraja. semoga kegiatan ini memicu kegiatan lain yang selama ini terhambat karena pandemi, tentu tanpa mengabaikan protokol Kesehatan. Kami juga berharap turut aktif dalam menggerakkan perekonomian sesuai himbauan bapak presiden, walau dalam skala mikro”, ungkapnya.

Komandan Satuan Menwa STAHN Mpu Kuturan Singaraja Putra Iriyanto memaparkan pelaksanaan yang diikuti oleh 27 anggota Menwa STAHN Mpu kuturan Singaraja ini merupakan tahap lanjutan dari Pendidikan Dasar Bela Negara yang digelar awal bulan maret tahun 2020. Kegiatan ini juga dilakukan sebagai Langkah awal memasuki tahun ajaran baru 2020-2021 dengan semangat optimis namun tetap waspada.

“Latihan ini diikuti oleh 27 orang anggota yang terdiri dari 22 orang senior dan 5 orang anggota junior. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari Pendidikan Dasar Dan Bela Negara yang dilaksanakan Staf Komando Menwa Ugracena Bali pada bulan Maret lalu di Rindam IX/Udayana, Kediri, Tabanan. Kami menyadari bahwa kondisi sekarang sangat sulit melakukan tatap muka, namun kami tetap yakin kegiatan ini berjalan sesuai rencana dengan menerapkan pola hidup sehat dan sebagai penanda awal tahun akademik baru”, Kata mahasiswa asal Jawa Timur ini.

Peserta Pelatihan Ketut Martini merasa bersemangat mengikuti kegiatan ini. Ia juga tidak sabar mengikuti setiap tahapan yang akan dilaksanakan. Kegiatan ini menjadi semacam pelepas rindu dengan kegiatan kampus karena selama ini kegiatan dan perkuliahan dilakukan secara daring.

“Saya tidak sabar mengikuti seluruh kegiatan Latihan ini, sudah lama rasanya tidak melakukan kegiatan di kampus. Lumayan jenuh dengan kondisi kemarin yang benar-benar-benar terbatas. Kuliah atau kegiatan lain dilakukan online saya merasa ada yang kurang”, jawabnya.

Kegiatan yang dibuka Wakil Ketua I STAHN Mpu Kuturan Singaraja dihadiri oleh Ketua P2M, Ketua P3M, Kasubag Keuangan, para Ketua Jurusan, BEM, Senat dan perwakilan UKM di lingkungan STAHN Mpu Kuturan Singaraja. Hadir pula Perwakilan Koramil Buleleng yang memantau kegiatan yang digelar selama tiga hari dari tanggal 28-30 Agustus 2020 di area Kampus STAHN Mpu Kuturan Singaraja Jalan Kresna Gang III No. 2B, Kendran, Buleleng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.