Peninjauan Kurikulum Prodi PGSD, Optimalisasi Pelayanan Pendidikan Menuju Pembelajaran Kekinian

Berjaya di Tingkat Nasional, STAHN Mpu Kuturan Borong Empat Gelar Juara
June 8, 2021
ASN STAHN Mpu Kuturan Ikuti Pelatihan Moderasi Beragama
June 9, 2021

SINGARAJA, HUMAS – Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Negeri Mpu Kuturan Singaraja menggelar kegiatan peninjauan kurikulum. Kegiatan tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran agar menghasilkan lulusan yang terampil dan kompetitif.

Kegiatan peninjauan kurikulum ini dilaksanakan secara offline dengan mematuhi protokol kesehatan di Aneka Lovina Villas & Spa pada 4 dan 5 Juni 2021. Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 25 orang yang terdiri atas pihak intern kampus yakni pejabat terkait di lingkungan kampus dan dosen homebased PGSD serta stakeholder yakni perwakilan kepala sekolah dan guru sekolah dasar di Kabupaten Buleleng.

Ketua STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja Dr. I Gede Suwindia, S.Ag., M.A saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan dukungannya kepada seluruh peserta kegiatan, khususnya pihak stakeholder yang secara teknis memahami kebutuhan kompetensi calon guru SD.

Ia juga berpesan agar senantiasa mendampingi dan memberikan masukan demi meningkatkan kapabilitas STAHN Mpu Kuturan Singaraja yang notabane Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu Negeri yang masih muda.

“Peninjauan kurikulum ini merupakan upaya untuk merestrukturisasi kurikulum prodi PGSD sebagai bentuk keseriusan prodi dalam memberikan pelayanan pendidikan yang optimal dan mempersiapkan prodi untuk menawarkan proses pembelajaran yang kekinian,” ujarnya.

Sementara itu, Kaprodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja Made Nugraha Tristaningrat, M.Pd. menyampaikan bahwa sebagai lembaga pendidikan yang menjalankan proses akademik di dalamnya sudah tentu memiliki kewajiban menjalankan proses pelayanan akademik yang maksimal. Salah satu pelayanan yang dilakukan adalah mempersiapkan kurikulum yang merupakan acuan baku dan pegangan dalam menjalankan proses pendidikan.

“Melalui kegiatan peninjauan kurikulum ini, diharapkan kurikulum di PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja dapat menjadi kurikulum yang berwawasan kedepan sehingga terjadi link and match antara ketersediaan lulusan PGSD dan kebutuhan di dunia kerja,” ucapnya.

Kegiatan tersebut menghadirkan empat orang pembicara. Mereka masing-masing Prof. Dr. Nyoman Dantes dari Undiksha Singaraja yang membahas tentang Pengembangan Model Kurikulum berbasis KKNI bagi Pendidikan Dasar, kemudian ada Koordinator Prodi PGSD Fakulitas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Dr. I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd membahas tentang Restrukturisasi Model Kurikulum Berbasis KKNI pada Program Studi PGSD.

Dihari kedua, materi disampaikan oleh Wakil Ketua I Dr. I Made Sedana, M.Pd., Ketua Jurusan Dharma Acarya Dr. I G A. Jaya Suryawan, S.Ag., M.Ag, dan didampingi tim penyusun kurikuluam PGSD. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.