Pedharmawacana STAHN Mpu Kuturan Menjadi Terbaik Nasional

Makna Penjor Hari Raya Galungan
November 8, 2021
Hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Agama Tahun Anggaran 2021
November 16, 2021

SINGARAJA, HUMAS – Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Negeri Mpu Kuturan Singaraja kembali menorehkan prestasi membanggakan di Tingkat Nasional. Kali ini, Ganies Esa Manura Mahasiswa STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja berhasil menjadi Pedharmawacana Terbaik Tingkat Nasional.

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Jurusan ini berhasil menjadi Juara pertama dalam Lomba Dharmawacana Tingkat Nasional Kategori Dewasa Arjuna Digital tahun 2021, yang digelar Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia. Ganis berhasil menjadi juara setelah mengangkat Tema tentang oderasi Beragama, melalui Dharmawacananya berjudul Internalisasi Ajaran Veda Dalam Membangun Moderasi Beragama Di Era Disrupsi.

Pria kelahiran Banyuwangi, 15 Desember 1999 ini mengaku tidak menyangka jika Ia akan berhasil menjadi Jawara. Pun tentunya merasa bangga dengan prestasi yang diraih. Ganis hanya berusaha tampil terbaik dengan menyajikan materi dharmawacana sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Harapannya, materi itu bisa diimlementasikan dengan sangat baik dalam kehidupan sehari-hari.

“Implementasi di kehidupan adalah dengan cara menerapkan ajaran beda yang ada sperti vasudaiva kutumbakam dan tatwam asi. Yang secara nyata dilakukan dengan menumbuhkan rasa toleransi dan sikap moderasi beragama. Lebih lagi di era digital banyak sekali percekcokan dimedsos yang disebabkan karena suatu perbedaan diharapakan masyarakat hindu tidak mudah terprovokasi bahkan mampu menjadi mediator dalam menyelesaikan masalah yang ada,” ujarnya.

Keberhasilan yang diraih oleh mahasiswa STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja tidak lepas dari dukungan penuh yang diberikan pihak Lembaga. Wakil Ketua III Bidang Mahasiswa dan Kerjasama STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja Ida bagus Wika Krishna mengaku bangga. Apalagi selama dua bulan terakhir, Mahasiswa STAH Negeri Mpu Kuturan SIngaraja berhasil menorehkan prestasi dari tingkat Daerah hingga Nasional.

“Sebuah kebanggan bahwa kualitas SDM kita terutama mahasiswa sudah terasah dan teruji, tidak hanya akademik tapi juga non akademik. Skil inilah akan menjadi bekal mereka ketika ada di masyarakat untuk memberikan pencerahan kepada umat. Ini harus terus diregenerasi,” ujarnya.

Dari berbagai prestasi yang terlahir, pihak Lembaga lanjutnya akan memberikan reward. Lembaga telah mempersiapkan sebuah kegiatan bagi mahasiswa yang telah berprestasi, sebagai bentuk support agar mereka tetap semangat dalam mengikuti lomba-lomba.

“Untuk lembaga penting memikirkan reward kepada mereka, penghargaan secara khusus. Dan kedepan kita akan mengadakan getering untuk mahasiswa berprestasi. Tidak hanya support material namun support moral, bahwa mereka telah menjadi bagian generasi emas STAH Negeri Mpu Kuturan dan membawa kebesaran pada lembaga,” pungkas Pria yang skrab disapa Gus Wika ini. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.