Padus STAHN Mpu Kuturan Raih Juara 3 Musikalisasi Puisi Se Bali

Mahasiswi STAHN Mpu Kuturan Juara Cipta Puisi Nasional Dan Wakili Ke Tingkat Internasional
May 24, 2021
PG PAUD STAHN Mpu Kuturan Berbagai Strategi Pembelajaran Kreatif dan Inovatif
May 28, 2021

SINGARAJA, HUMAS – Prestasi kembali ditorehkan oleh Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Negeri Mpu Kuturan Singaraja. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Genta Widya Bhawana STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja, berhasil meraih Juara III dalam lomba musikalisasi puisi yang digelar Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

Pelaksanaan lomba musikalisasi puisi yang berlangsung secara virtual ini, serangkaian dengan kegiatan Pasemaya BEM Fakultas Dharma Acarya UHN I Gusti Bagus Sugriwa. Masing-masing peserta wajib mengirimkan video musikalisasi puisi untuk nantinya diunggah di channel youtube dan dilaksanakan pemilihan juara favorit bagi yang mendapatkan jumlah like terbanyak.

Dalam lomba tersebut UKM Paduan Suara Genta Widya Bhawana STAHN Mpu Kuturan Singaraja mengirimkan sebuah karya berjudul “Garang Gering”. Puisi hasil karya Komang Pitriani yang merupakan mahasiswa STAHN Mpu Kuturan Singaraja ini kemudian diaransemen oleh Pelatih I Komang Sesara Ariyana, M.Pd. Sementara untuk proses pembuatan video, dibantu oleh crew dari Mpu Kuturan TV.

Pembina UKM Paduan Suara STAHN Mpu Kuturan Singaraja Putu Wulandari Tristananda menjelaskan, proses kreatif dalam mengikuti lomba tersebut dilakukan satu minggu.

“Anak-anak UKM yg ikut lomba minta tolong ke Komang Pitriani untuk dibuatkan puisi, kemudian setelah puisi selesai baru bisa mulai untuk mengaransemen musiknya. Untuk proses aransemen dilakukan sehari saja,” jelasnya.

Berdasarkan penilaian yang dilakukan dewan juri, UKM Paduan Suara Genta Widya Bhawana STAHN Mpu Kuturan Singaraja berhasil meraih juara ke tiga, sementara untuk juara pertama diraih kelompok dari UHN I Gusti Bagus Sugriwa, dan juara ke dua diraih kelompok dari Poltekes Denpasar.

Wulan mengatakan, keberhasilan yang diraih ini terbilang memuaskan. Pasalnya, ini kali pertama UKM Padus mengikuti lomba dan sudah berhasil mengharumkan nama lembaga dengan meraih juara ke tiga. Ia pun memiliki rasa optimis untuk bisa meraih prestasi dalm lomba tersebut, mengingat anak-anak paduan suara yang memang memiliki bakat terutama dalam hal olah vokal.

“Selain itu karena terlaksananya kegiatan ini awalnya memang merupakan keiinginan anak-anak UKM sendiri jadi proses pembinaan lomba berjalan dengan lancar. Target kita dari UKM Padus pastinya mengikuti lomba paduan suara di tingkat apapun itu dan kalau bisa juga mengadakan lomba padus tingkat sekolah,” pungkasnya. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.