P3M Ingatkan Mahasiswa Laksanakan PKL Dengan Tetap Menjaga Nama Baik Lembaga

Prodi Teologi STAHN Mpu Kuturan Makin Diminati
August 12, 2021
HMPS PGSD STAHN Mpu Kuturan Gelar Sharing Is Caring, Tumbuhkan Semangat Belajar Dimasa Pandemi
August 16, 2021

SINGARAJA, HUMAS – Jurusan Brahma Widya Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Negeri Mpu Kuturan Singaraja menggelar kegiatan Pembekalan Praktik Kegiatan Lapangan (PKL) yang berlangsung secara daring Sabtu, 14 Agustus 2021.

Kegiatan Pembekalan PKL diikuti 26 mahasiswa semester VII yang terdiri dari 12 mahasiswa Prodi Filsafat Hindu dan 14 mahasiswa Prodi Teologi Hindu. PKL akan dilaksanakan mulai tanggal 16 Agustus 2021 sampai dengan 6 September 2021 di 2 lokasi, yaitu untuk Prodi Filsafat Hindu di PHDI Kabupaten Buleleng sementara Prodi Teologi Hindu di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng. Kegiatan Pembekalan dibuka Ketua P3M, Dr. I Nyoman Miarta Putra.

Dalam sambutannya, Miarta berpesan agar mahasiswa yang melaksanakan PKL tetap menjaga nama baik STAHN Mpu Kuturan Singaraja sesuai dengan visi misi STAHN Mpu Kuturan Singaraja walaupun secara online.

“Menghasilkan lulusan yang unggul dan bermartabat, PKL merupakan salah satu sebagai aktualisasi teori yang didapatkan pada bangku kuliah dengan praktik realitas kehidupan di Lapangan. Selain itu juga menambah pengalaman kerja ini sejalan dengan harapan-harapan besar kita bersama bahwa lulusan dari mahasiswa kita bisa mempunyai daya saing ditengah-tengah dunia global yang kompetetif ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia PKL Jurusan Brahma Widya, I Putu Ariyasa Darmawan, M.Ag, dalam laporannya menjelaskan, pembekalan PKL tahun 2021 menghadirkan 2 narasumber. Mereka masing-masing I Gede Marayana, S.Sos, dari PHDI Kabupaten Buleleng dengan materi Kondisi Beragama di Kabupaten Buleleng. Kemudian Dr. Drs. I Gde Made Metera, M.Si dari FKUB Kabupaten Buleleng dengan materi Moderasi Beragama di Kabupaten Buleleng.

“Kami minta mahasiswa agar berinovasi dalam terjun ke masyarakat. Walaupun secara online di masa PPKM ini, tetap berkonsultasi dengan dosen pembimbing dan pembimbing lapangan,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Ketua Jurusan Brahma Widya, Dr. Drs. I Wayan Gata, M.Pd. Ia berharap agar dalam kegiatan PKL ini mahasiswa di jurusan Brahma Widya tidak  hanya tau tentang agama saja tetapi tentang berbagai aspek kehidupan.

“Walau dengan keterbatasan dimasa pandemi, mudah-mudahan kita semua selalu diberi kesehatan dan kekuatan untuk melaksnakan tugas dan fungsi kita masing-masing, sebagai swadharma kita, mari kita tidak henti-hentinya berdoa semoga Pandemi ini cepat berlalu, dan kita semua diberikan kesehatan,” harapnya (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.