Menwa Wajib Terdidik dan Bermental Baja

P2M STAHN Mpu Kuturan Gelar Sosialisasi SPMI
September 13, 2022
Berlangsung Haru, Jurusan Brahma Widya Yudisium 23 Mahasiswa
September 16, 2022

SINGARAJA, HUMAS – Seorang anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) wajib melalui proses tempaan dan penciptaan kondisi sedemikian rupa, sehingga menjadi militan dan terdidik secara akademik, serta memiliki mental kuat seperti baja.

Hal itu ditegaskan Pelatih UKM Resimen Mahasiswa Satuan D-927 Wira Gunaprya STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja I Made Hartaka, M.Fil.H, dalam puncak perayaan HUT ke-6 UKM Menwa STAHN Mpu Kuturan Singaraja yang berlangsung Rabu, 14 September 2022.

Menurut Hartaka, Menwa memiliki Widya Castrena Dharma Siddha dengan nilai filosofi yang terbangun dalam budaya organisasi dan Panca Dharma Satya sebagai janji anggota Menwa. Widya Castrena Dharma Sidha berarti penyempurnaan pengabdian dengan ilmu pengetahuan dan olah keprajuritan. Ia pun mengaku bangga sebagai seorang pelatih Menwa, karena Anggota Satuan Menwa STAHN Mpu Kuturan mampu mengikuti setiap kegiatan secara baik dan disiplin.

“Hal yang paling menarik dari UKM Menwa adalah visual yang pertama kali dilihat, yakni seragamnya yang gagah dan keren. Namun, dibalik hal tersebut terdapat proses pendidikan yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Seorang Menwa selain memiliki fisik yang kuat juga harus bermental baja,” ucapnya.

Disisi lain, dalam puncak perayaan HUT ke-6 UKM Resimen Mahasiswa Satuan D-927 Wira Gunaprya STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja, juga dirangkaikan dengan penyerahan hadiah Lomba Karikatur tingkat SMA/K dan umum Komenker-1, yang berlangsung di Aula Gedung Rektorat Kampus Jalan Pulau Menjangan, Banyuning. Selain lomba, Ulang tahun Menwa ini juga dimeriahkan dengan kegiatan Webinar Nasional yang mengambil tema “Menwa KEREN (Kritis, Kreatif, dan Nasionalis) dalam Menyongsong Era Society 5.0”.

Salah seorang juara lomba, Komang Sukerta dari SMA Negeri 1 Kubutambahan merasa sangat bangga dengan serangkaian acara yang dilaksanakan, serta memberikan harapan untuk UKM Menwa STAHN Mpu Kuturan Singaraja. “Saya sangat bangga dengan acara yang dilaksanakan oleh panitia, serta Selamat Ulang Tahun untuk UKM Menwa STAHN Mpu Kuturan yang ke- 6 kedepannya semoga Menwa tetap jaya dan menjadi yang terbaik,” harapnya.

Dimas Theo Paku Sadewo salah seorang Dewan Senior Menwa Angkatan XXXIII mengucapkan selamat ulang tahun untuk UKM Resimen Mahasiswa Satuan D-927 Wira Gunaprya. ia berpesan kepada para anggota UKM agar tetap semangat dan bertanggung jawab.

“Tetaplah bertanggung jawab sebagai seorang Menwa, tidak lupa juga kami ucapkan Dirgahayu UKM Resimen Mahasiswa Satuan D-927 Wira Gunaprya yang ke-6 tahun semoga kedepan Menwa tetap eksis dan mampu menjadi garda terdepan di instansi dan berguna bagi nusa dan bangsa,” ucapnya. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.