Lestarikan Hutan, Prodi Pariwisata Budaya Hindu STAHN Mpu Kuturan Singaraja tanam Pohon

Peringatan Hari Amal Bakti, Jajaran STAHN Mpu Kuturan Harus Tingkatkan Spirit Melayani
January 5, 2021
HMJ Brahma Widya Gelar Malam Keakraban, Tumbuhkan Rasa Persaudaraan dan Memiliki
January 10, 2021

Program studi Pariwisata Budaya Hindu STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja, berpartisipasi dalam aksi pelestarian lingkungan dengan menanam pohon di hutan Desa Les, Kecamatan Tejakula, Buleleng, Jumat 8 Januari 2021. Penanaman pohon dilakukan oleh dosen dan mahasiswa pada pukul 8 pagi.

Aksi tanam pohon Bali Menanam “Buleleng Timur Bergerak Bantu Ayah Lindungi Ibu”, diawali dengan penanaman pohon yang dilakukan secara simbolis oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana. Menurut Agus Suradnyana, aksi tanam pohon ini diharapkan dapat menjaga kelestarian lingkungan dan air. Terlebih di Desa Les memiliki potensi daya tarik wisata berupa Air Terjun Yeh Mampel.

“Kita berharap, penanaman pohon dapat dilakukan secara berkelanjutan, untuk memperbaiki hutan desa Les yang di beberapa titik masih terlihat gundul. Kita akan lakukan aksi tanam pohon di sejumlah tempat lainnya di Buleleng,” ucap Bupati Agus.

Sementara itu, Kaprodi Pariwisata Budaya Hindu STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Kadek Wiramarta, M.Pd mengatakan, keikutsertaan civitas akademika prodi Pariwisata Budaya Hindu merupakan bentuk pengabdian dan menumbuh kembangkan kecintaan terhadap lingkungan. Lingkungan yang lestari memiliki hubungan yang erat dalam pengembangan daya tarik wisata.

“Selain itu, aksi ini juga sebagai salah satu bentuk pendidikan bagi mahasiswa yang belajar di prodi Pariwisata Budaya Hindu. Sehingga ketika mereka kembali ke masyarakat, khususnya di desa, mereka dapat membaktikan ilmunya untuk mengembangkan desa menjadi destinasi pariwisata,” kata Wiramarta.

Sedikitnya seribu pohon di tanam dalam aksi ini. Selain di hutan, penanaman pohon seperti bambu, cempaka, sawo kecik, mahoni, beringin, dan kelapa Genjah juga dilakukan di areal air terjun Yeh Mampel. Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi tindakan Sustainibility Community Based Tourism sehingga pariwisata tersebut dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.