Kursus Mahir Dasar PGSD STAHN Mpu Kuturan, Mempersiapkan Guru Kelas sebagai Pembina Pramuka yang Unggul

Mahasiswa STAHN Mpu Kuturan Menangkan Lomba Poster Nasional: Menceritakan Digitalisasi Budaya dalam Era Modern
June 9, 2023
STAHN Mpu Kuturan Singaraja Perlihatkan Kemajuan Pesat dalam Pembangunan Fisik
June 13, 2023

SINGARAJA, HUMAS – Sebanyak 22 mahasiswa Prodi PGSD STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD). Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan guru kelas yang juga memiliki keahlian sebagai Pembina Pramuka, sebagai bagian dari ekstrakurikuler wajib di sekolah dasar. KMD PGSD dilaksanakan pada tanggal 9 hingga 14 Juni 2023, di kampus STAHN Mpu Kuturan, tepatnya di Kampus Pascasarjana Jalan Kresna Singaraja.

Sebagai lulusan PGSD, mahasiswa memiliki peluang yang lebih besar untuk menjadi seorang pendidik, khususnya sebagai guru kelas di sekolah dasar. Oleh karena itu, guru kelas perlu memiliki keterampilan sebagai Pembina Pramuka, mengingat pentingnya kegiatan kepramukaan dalam menciptakan generasi unggul dan bermartabat. Melalui KMD, peserta akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dasar yang diperlukan dalam pembinaan kepramukaan di sekolah.

Kegiatan tersebut dibuka Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Buleleng yang juga Sekda Buleleng Gede Suyasa. Dalam sambutannya, Suyasa menyebut jika seorang guru di sekolah dasar tidak hanya memberikan pendidikan di kelas. Tapi juga di luar kelas. Salah satunya lewat ekstra kurikuler pramuka, yang digelar di sekolah dasar di Buleleng. Melalui KMD, anggota UKM Pramuka STAHN Mpu Kuturan akan memiliki kompetensi sebagai Pembina pramuka, khususnya untuk jenjang siaga.

“Nantinya setelah mereka lulus dan menjadi guru, mereka sudah punya sertifikat KMD. Sehingga di sekolah, mereka sudah memenuhi syarat menjadi Pembina pramuka,” ujarnya.

Sementara itu, Kaprodi PGSD Made Adi Nugraha Tristaningrat menyampaikan pentingnya persiapan guru kelas yang juga menjadi Pembina Pramuka. Ia mengungkapkan bahwa KMD PGSD merupakan upaya untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan di sekolah dasar.

“Kami harap mahasiswa yang ikut kegiatan ini akan menjadi guru kelas yang berkualitas dan mampu menyelenggarakan kegiatan kepramukaan yang mendukung pembentukan karakter siswa yang unggul dan bermartabat,” ungkapnya.

Dengan upaya ini, STAHN Mpu Kuturan Singaraja terus berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tuntutan dunia pendidikan dan memberikan kontribusi positif dalam pembentukan karakter anak-anak di sekolah dasar. (hms)

Comments are closed.

Slot Dana Slot Luar Negeri Slot Maxwin Slot Thailand Slot Thailand Slot777 Slot777 AyamJP Login Resmi AYAMJP Robopragma Robopragma Robopragma Robopragma CUPANGJP CUPANGJP https://thailand.undar.ac.id/ https://slot777.simak.undar.ac.id/ https://undar.ac.id/thailand/ Slot777