Jalin MoU Dengan SD Taman Rama Jimbaran, STAHN Mpu Kuturan Siap Kerjasama Untuk Kemajuan Pendidikan

Bentuk Peningkatan Kualitas Prodi, P2M STAHN Mpu Kuturan Gelar Audit Mutu Internal
January 14, 2022
Hasil dan Rencana Tindak Lanjut Survey Persepsi Korupsi di Lingkungan STAHN Mpu Kuturan Singaraja
January 24, 2022

SINGARAJA, HUMAS – Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja menjalin Kerjasama dengan Sekolah Dasar Taman Rama Jimbaran yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum og Understanding (Mou) untuk kemajuan pendidikan.

Pelaksanaan penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan langsung Ketua STAHN Mpu Kuturan SIngaraja Dr. I Gede Suwindia, M.A dengan Kepala Sekolah SD Taman Rama Jimbaran Indah Nurdiana, S.T., M.Pd. yang berlangsung di ruang Learning Center Sekolah setempat Jumat 14 Januari 2022. Selain menjalin kerjasama, STAHN Mpu Kuturan melalui Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) juga melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat yang mengambil tema “E-Learning Dalam Tatanan Merdeka Belajar Pada Masa Transisi Pandemi.

Kaprodi PGSD Made Adi Nugraha Tristaningrat, M. Pd menjelaskan, Sekolah Taman Rama adalah sekolah swasta Nasional Plus yang melayani kebutuhan pendidikan keluarga lokal dan ekspatriat yang membentuk masyarakat Bali.

Tujuan kegiatan ini untuk menjalin kerja sama dengan pihak sekolah khususnya dengan guru-guru terkait kegiatan pembelajaran, penggunaan media dan penyusunan penilaian E-Learning dalam tatanan merdeka belajar dimasa transisi pandemi di SD Taman Rama Jimbaran yang sangat baik dalam memanfaatkan teknologi sebagai poses pembelajaran.

“Pengabdian kali ini dikemas dengan berbeda karena melibatkan sekolah internasional yakni SD taman Rama Jimbaran. Sistem pengabdian saat ini jiga dilakukan melalui join teaching sehingga terjadi kolaborasi antara dosen, guru, dan siswa SD yang secara garis besar berasal dari berbagai Negara,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja Gede Suwindia mengatakan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat Prodi PGSD merupakan bagian dari tupoksi Tri Dharma sebagai dosen sehingga pengabdian ini diharapkan dapat dilaksanakan bersumber riset-riset di kampus dan dapat diaplikasikan dengan baik oleh pengguna.

“SD Taman Rama Jimbaran dan lembaga khususnya di Prodi PGSD sangat tepat melakukan kolaborasi sehingga secara bersam-sama sesuai dengan visi STAHN Mpu Kuturan dapat mempersiapkan generasi anak didik SD untuk dapat menjadi generasi emas 2045,” tegasnya.

Perjanjian kerjasama itupun mendapatkan sambutan dari pihak sekolah. Kepala SD Taman Rama Jimbaran Indah Nurdiana berharap kerjasama ini bisa segera ditindaklanjuti dengan berbagai kegiatan. Sehingga tujuan bersama untuk kemajuan pendidikan bisa tercapai.

“Mudah-mudahan kerjasama ini tidak hanya diatas kertas saja, tapi bisa segera dieksekusi dengan berbagai program. Apakah itu saling berbagi pengalaman belajar, atau berbagi system pembelajaran yang inovatif. Yang pasti ini harus berjalan sesuai target,” singkatnya. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.