Gelar Bakti Sosial, HMPS Filsafat Hindu Berbagi Keceriaan Di Panti Asuhan Dana Punia

Gambarkan Meditasi Sebagai Solusi Stres Saat Pembelajaran Daring, Mahasiswa STAHN Mpu Kuturan Raih Jawara Lomba Poster se Bali
January 7, 2022
Mahasiswa Parbud STAHN Mpu Kuturan Ngayah Di Pura Negara Gambur Anglayang
January 10, 2022

SINGARAJA, HUMAS – Himpunan Mahasiswa Prodi Filsafat Hindu Jurusan Brahmawidya Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja, mengelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) di Panti Asuhan Dana Punia Singaraja Sabtu, 8 Januari 2022.

Bakti sosial yang mengambil tema “Dari Kita Untuk Semua” itu dipusatkan di Aula Panti Asuhan setempat. Beberapa kegiatan juga digelar dalam agenda tersebut. Mulai dari bermain bersama anak-anak Panti Asuhan, pemberitan materi dari Ketua LAB Jurusan Brahmawidya, I Putu Ariyasa Darmawan, M.Ag dengan judul “Catur Marga Dalam Praktik Upacara Agama di Bali”, serta penyerahan bantuan berupa Sembako, Pakaian, dan Buku yang bersumber dari kas HMPS dan juga open donasi yang digelar selama beberapa hari sebelumnya.

Ketua Panitia Gede Indra Nitisastra dalam laporannya mengungkapkan, kegiatan baksos ini merupakan salah satu Program Kerja HMPS Filsafat Hindu periode 2021/2022. Kegiatan bertujuan Untuk menjalin relasi dan juga salah satu bentuk kepedulian mahasiswa kepada adik-adik di Panti Asuhan Dana Punia Singaraja.

“Dan dari kegiatan ini diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan kita, dan juga bisa meningkatkan rasa kepedulian kita terhadap sesama,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Jurusan Brahmawidya I Made Hartaka, M.Fil.H menjelaskan, dengan kegiatan baksos ini bisa mewujudkan rasa cinta kasih, rasa saling menolong, rasa saling peduli mahasiswa kepada masyarakat luas yang sedang memerlukan.

“Kita ini semua bersaudara, kita memiliki momen yang berbeda. Kita tetap harus bersyukur, bisa tetap berbagi di masa pandemi,” katanya.

Hal senada diungkapkan Kaprodi Filsafat Hindu I Made Gami Sandi Untara, S.Fil.H, M.Ag. Menurutnya, dari kegiatan ini tidak hanya dapat mengembangkan minat bakat dan kemampuan kepemimpinan, tetapi juga menggelar sebuah kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, untuk pembentukan sikap dan kepekaan sosial dari diri kita.

“Semoga kegiatan ini tidak hanya dilakukan untuk saat ini saja, namun bisa ditetapkan sebagai agenda tahunan, sehingga bisa berjalan secara berkesinambungan,” harapnya.

Program bakti social oleh HMPS Filsafat Hindu ini pun mendapat apresiasi oleh Ketua Panti Asuhan Dana Punia, Gede Arba Dana. Ia merasa bersyukur dengan adanya perhatian dari STAHN Mpu Kuturan Singaraja melalui mahasiswa Filsafat Hindu. Secara khusus, Arba Dana meminta agar adik-adik mahasiswa HMPS untuk menularkan pengetahuannya kepada adik-adik di Panti. “Yang belum biasa, sekarang kita lakukan proses pembiasaan agar  muncul rasa bersaudara,” singkatnya. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.