Gambarkan Meditasi Sebagai Solusi Stres Saat Pembelajaran Daring, Mahasiswa STAHN Mpu Kuturan Raih Jawara Lomba Poster se Bali

PMB STAHN Mpu Kuturan Dimulai, Panitia Gencarkan Sosialisasi
January 4, 2022
Gelar Bakti Sosial, HMPS Filsafat Hindu Berbagi Keceriaan Di Panti Asuhan Dana Punia
January 9, 2022

SINGARAJA, HUMAS – Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja mengawali awal tahun yang gemilang, dengan berhasil meraih Jawara dalam lomba poster serangkaian Dies Natalis Ke-7 Stikes Buleleng.

Adalah Ni Made Ari Diasih, mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Hindu ini berhasil meraih Juara satu dengan mengalahkan puluhan peserta lainnya. Anggota UKM Penalaran ini membuat poster dengan judul “Meditasi Solusi Menghadapi Kenyataan Tanpa Kekhwatiran Selama Pembelajaran Daring”. Menurutnya, garis besar dari poster ini menggambarkan kenyataan pembelajaran daring yang berdampak kepada kesehatan mental. Salah satu dampaknya adalah stres.

Hal ini disebabkan oleh rasa jenuh, tugas online yang banyak serta jaringan internet tidak stabil, sehingga menimbulkan kekhawatiran yang berujung menyalahkan diri, takut, cemas, menjadi emosional dan tidak bisa menyesuaikan diri.

“Solusi dari permasalah ini adalah hadapi kenyataan dengan Meditasi. Salah satu meditasi yang dianjurkan yakni meditasi Vipassana Bhavana/Mindfulness Meditation. Berdasarkan hasil penelitian Universitas Harvard, mindfulness meditation sama efektifnya dengan pengobatan depresi dan stress,” jelas Ari Diasih.

Kecenderungan timbulnya gangguan kesehatan mental tidak menutup kemungkinan bisa terjadi. Sehingga untuk bisa meningkatkan dan memulihkan kesehatan mental, haruslah dimulai dari dalam diri.

“Karena untuk menghadapi kenyataan tergantung bagaimana pandangan kita melihat kenyataan tersebut. Sejalan dengan pengertian meditasi Vipassana Bhavana yakni meditasi untuk membuka diri, menerima pikiran dan perasaan yang muncul sebagai mana adanya tanpa pandangan negative,” pesan Ari Diasih.

Disisi lain, Ni Made Ari Diasih di penghujung tahun 2021 lalu juga berhasil meraih berbagai juara. Yakni dengan menjadi Juara Favorit Lomba Poster dengan judul “ Gadung (Discorea Hispida) Pangan Lokal Yang Smart Health Food” dalam Lomba Poster Nasional Aklamasi 2021, kemudian menjadi 10 Besar finalis Gelora Essai Nasional Tahun 2021 yang digelar Undiksa Dengan judul “Menggangas Komik Digital dengan Konten Tumpek Wariga Guna Meningkatkan Kepdulian Anak Terhadap Lingkungan”, serta Juara 1 Lomba Poster dengan judul “Integrasi Budaya Lokal Pada Konten Komik Digital sebagai solusi mendorong Partisipasi Restorasi   Ekosistem” Nusantara Scientific Competition Seoson 8 Tahun 2021. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.