Gambaran Visi Besar Lembaga Dalam Theme Song STAHN Mpu Kuturan

PKL Jadikan Mahasiswa Brahma Widya Semakin Inovatif
August 16, 2021
Pengumuman Perpanjangan Pembayaran SPP Semester Ganjil 2021/2022
August 23, 2021

SINGARAJA, HUMAS – Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Negeri Mpu Kuturan Singaraja meluncurkan Theme Song atau Musik Tema. Lagu yang diluncurkan bertepatan dengan Hari Proklamasi Kemerdekaan ke 76 Republik Indonesia itu merupakan gambaran besar dari visi lembaga yang harus diwujudkan seluruh sivitas akademika.

STAHN Mpu Kuturan Singaraja

Tangguh Cerdas dan Berbudaya

Satukan Jiwa dan Cita-cita

Ciptakan Generasi Emas Unggul Bermartabat

video lirik: https://youtu.be/gMckQZsft5s

Penggalan lirik itu adalah bagian reff dari Theme Song berjudul STAHN Mpu Kuturan. Lirik lagu tersebut ditulis dan dinyanyikan langsung oleh Dosen STAHN Mpu Kuturan Singaraja Ni Putu Candra Prastya Dewi. Sementara untuk aransemen musiknya digarap oleh Musisi Kenamaan Buleleng yang juga pemilik Demores Rumah Musik Gde Kurniawan.

Candra menuturkan, lirik lagu tersebut sudah ditulisnya sejak Bulan September tahun 2020 lalu. Rencana awal, lagu itu akan dijadikan jingle untuk Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2020. Niat itupun urung dilakukan, karena proses penggarapannya masih menggunakan alat seadanya.

“Rekamannya hanya bermodal hp dengan iringan gitar akustik, jadi masih ragu untuk memberikannya. Meskipun sudah diterima oleh panitia PMB saat itu,” tuturnya.

Setelah itu, Candra masih berusaha untuk mewujudkan lagu itu dengan berbagai proses termasuk melakukan pergantian beberapa kata dalam lirik. Ia juga mencoba untuk mencari tempat rekaman yang profesional, namun usahanya tak membuahkan hasil. Lagu itupun kemudian dilupakan.

Hingga kemudian diawal bulan Agustus 2021, Ia kemudian mencoba melakukan komunikasi dengan Gde Kurniawan. Gitaris dari Band #akebuleleng ini memang dikenal sebagai seorang musisi jenius untuk mengaransemen sebuah lagu. Dari komunikasi itu, akhirnya diputuskan untuk membuat theme song STAHN Mpu Kuturan.

“Sesuai kesepakatan, lagu inipun nantinya akan diisi oleh rekaman suara saya serta ditambahkan musik bernuansa Bali sebagai penciri kampus STAHN Mpu Kuturan. Akhirnya setelah sepakat, tgl 11 Agustus  2021 saya pun datang ke Studio Demores untuk rekaman suara. Kemudian, pada tgl 13 Agustus 2021 hasil rekaman pun dikirimkan,” kata Candra.

“Kemudian saya buatkan video lirik. Akhirnya pada tanggal 17 Agustus 2021, bertepatan dengan hari kemerdekaan RI, lagu ini saya berikan sebagai hadiah HUT Kemerdekaan RI ke-76 kepada STAHN Mpu Kuturan Singaraja,” imbuh Dosen Prodi PGSD ini.

Menurut Candra, lirik dalam lagu ini terinspirasi dan juga sebagai gambaran dari visi besar STAHN Mpu Kuturan yaitu mewujudkan SDM yang unggul, bermartabat, dan berkarakter Tri Kaya Parisudha. Melalui lagu ini juga disampaikan pesan bahwa STAHN Mpu Kuturan tidak hanya mencetak generasi yang cerdas namun diimbangi dengan karakter melalui penanaman nilai agama dan budaya yang dapat diterapkan baik dalam kegiatan akademik maupun kegiatan non akademik.

“Kita sebagai sivitas akademika STAHN Mpu Kuturan sebaiknya selalu berkarya serta berprestasi untuk memajukan STAHN Mpu Kuturan. Jangan ragu untuk mengibarkan panji kita dan menunjukkan prestasi yang kita punya. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk dedikasi kita kepada lembaga tempat kita bernaung. Think Global, Act Local,” pungkasnya. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.