Dosen STAHN Mpu Kuturan Ikuti Pelatihan Bahasa Asing

Pengurus Ikatan Mahasiswa Alumni STAHN Mpu Kuturan Dilantik, Siap Berperan Untuk Pengembangan Lembaga
October 6, 2021
Jadwal dan Lokasi Pelaksanaan Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) CPNS Kementerian Agama Tahap III
October 9, 2021

SINGARAJA, HUMAS – UPT Pusat Pengembangan Bahasa STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja menggelar pelatihan bahasa asing untuk Dosen. Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari yakni 27 hingga 30 September 2021 secara daring dan juga luring. Kegiatan tersebut untuk meningkatkan kompetensi bahasa asing Dosen STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja.

Pelaksanaan pembukaan pelatihan Bahasa Asing itu berlangsung di Aula Gedung Rektorat Kampus setempat di jalan Pulau Menjangan, Banyuning. Kegiatan yang mengangkat tema “Effective Ways in Achieving Better Score on TOEFL ITP” , dibuka Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. I Made Sedana,S.Pd., M.Pd.

Dalam sambutannya Made Sedana menyebut jika kemajuan suatu Negara ditentukan oleh bagaimana Negara tersebut berinvestasi pada Sumber Daya Manusia. Salah satu contohnya adalah bagaimana kemajuan Negara Jepang dalam menghasilkan SDM yang berkualitas. Menurutnya, Jepang memanggil pendidik baik itu guru dan dosen untuk mendidik generasi muda mereka agar menjadi generasi emas.

“Hal inilah yang kami tiru dengan menginvestasikan SDM di STAHN melalui pelatihan dan juga tugas/ijin belajar, sehingga diharapkan STAHN Mpu Kuturan akan cepat mengalami kemajuan dan mampu cepat naik tingkat menjadi institute,” ujarnya.

Ketua panitia kegiatan I Putu Edi Sutrisna, M.Pd mengatakan, tujuan dari Kegiatan Pelatihan Bahasa Asing ini yaitu untuk mempersiapkan  Dosen STAHN Mpu Kuturan Singaraja untuk mampu melaksanakan tes TOEFL dengan hasil yang memuaskan. “Yang tentunya berguna sebagai bekal untuk persyaratan melanjutkan studi doktoral, persyaratan beasiswa luar negeri, dan maupun nantinya untuk persyaratan sertifikasi dosen,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala UPT Bahasa STAHN Mpu Kuturan, Ni Putu Dian Utami Dewi, M.Pd menjelaskan, kegiatan pelatihan bahasa asing ini menghadirkan tiga narasumber. Mereka masing-masing I Kadek Suastika, S.S., Pg. Dip dari English Geek Learning Center, Sang Ayu Isnu Maharani, S.S., M.Hum dari Universitas Udayana, dan Putu Ayu Prabawati Sudana, S.Pd., M.Hum dari Universitas Pendidikan Ganesha.

“Kegiatan ini merupakan program tahunan yang akan dilaksakan secara berkelanjutan, karena kegiatan pelatihan ini sangat penting untuk memfasilitasi dosen untuk menghadapi tes TOEFL. Nantinya, pelatihan seperti ini tidak hanya diberikan kepada dosen tetapi juga kepada pegawai dan mahasiswa,” katanya. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.