Putu Ade Oka Wijaya Raih Juara 1 Masatua Bali Tingkat Remaja dalam Lomba Cerita Rakyat Bali

SINGARAJA, HUMAS - Putu Ade Oka Wijaya, seorang perwakilan mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Sastra Agama dan Bahasa Bali STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja, meraih prestasi gemilang sebagai Juara 1 Masatua Bali tingkat remaja se-Kabupaten Buleleng. Kemenangan ini diraih dalam acara "Buleleng Bertutur: Lomba Cerita Rakyat Bali" yang diselenggarakan oleh Pasar Intaran. Oka menampilkan kisah berjudul "I Lutung Teken Kakua Ngamaling Isen" yang menggugah dan memukau para penonton dan juri.

Acara ini merupakan bagian dari upaya untuk mengembangkan dan melestarikan Bahasa dan Budaya Bali. Melalui kompetisi ini, generasi muda di Buleleng diajak untuk memahami dan mengapresiasi kekayaan sastra lisan Bali, serta mendorong mereka untuk menjadi pelopor dalam menjaga warisan budaya yang berharga ini. Prestasi yang diraih oleh Putu Ade Oka Wijaya bukan hanya sekadar keberhasilan pribadi, tetapi juga menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya, khususnya juga bagi mahasiswa STAHN Mpu Kuturan Singaraja, untuk terlibat aktif dalam melestarikan dan mengembangkan budaya lokal.

"Mengikuti kegiatan lomba masatua ini adalah kesempatan yang sangat berarti bagi saya, karena sekarang ini lomba masatua biasanya dilaksanakan ditingkat ibu-ibu pkk, tetapi berkat penyelenggara Pasar Intaran, kegiatan lomba masatua bisa terlaksana di jenjang anak-anak dan remaja,” ujar Oka Ia berharap kegiatan seperti ini akan terus diadakan dan memberikan ruang bagi bakat-bakat muda Bali untuk bersinar dan memberikan kontribusi positif bagi keberlangsungan kebudayaan Bali. “Sangat bangga bisa tampil dan disaksikan oleh tokoh-tokoh besar Bali, terlebih bisa dipercaya sebagai jayanthi.

Semoga kegiatan ini bisa terus terselenggara serta bisa menjadi jalan untuk terus mengajegkan Sastra Bali,” harap Oka. Sementara itu, Ketua HMPS PSABB Gede Sugiarta mengapresiasi atas prestasi yang berhasil diraih Oka. "Merasa bangga dan berbahagia, karena salah satu mahasiswa prodi PSABB berhasil mendapatkan Juara 1 dalam Lomba Masatua Bali, walaupun persiapannya bisa di bilang dadakan, tetapi sudah memberikan yang terbaik,” ujarnya singkat. (hms)