Peringati Hari Lahir Pancasila, Menwa STAHN Mpu Kuturan Gelar Turnamen Catur

SINGARAJA, HUMAS - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) Satuan D-927 Wira Gunaprya STAHN Mpu Kuturan Singaraja sukses menyelenggarakan turnamen catur tingkat kabupaten Buleleng.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Lahir Pancasila dan mengusung tema “Awaken the Spirit of Heroism in Leadership Strategies” atau "Membangkitkan Semangat Kepahlawanan dalam Strategi Kepemimpinan". Melalui turnamen ini, diharapkan peserta tidak hanya menunjukkan kekuatan fisik, tetapi juga kekuatan pemikiran strategis yang tercermin dalam permainan catur.

Turnamen yang dilaksanakan pada tanggal 9 Juni 2024 ini bertempat di aula jurusan Brahma Widya dan aula Dharma Sastra Kampus Menjangan STAHN Mpu Kuturan Singaraja. Dengan dua kategori yang dilombakan, yakni kategori SMA/SMK dan kategori umum, turnamen ini menarik total 38 peserta dari berbagai instansi pendidikan, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa se-Kabupaten Buleleng.

Turnamen secara resmi dibuka oleh Wakil Ketua III STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Dr. Ida Bagus Wika Krishna, S. Ag., M. Si. Dalam sambutannya, Pria yang akrab disapa Gus Wika ini menyebut jika kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin dan mampu terus menginspirasi semangat kepahlawanan dan kepemimpinan di kalangan generasi muda melalui permainan catur yang menuntut kecerdasan strategi dan ketajaman pemikiran.

"Kegiatan ini menjadi salah satu daya tarik kampus STAHN Mpu Kuturan Singaraja karena dihadiri oleh peserta SMA dan SMK se-Kabupaten Buleleng. Kegiatan ini memberikan nilai kepemimpinan dalam hal strategi melalui turnamen catur ini. Seseorang tidak hanya mampu mengandalkan kekuatan fisik namun juga pemikiran," ujar Gus Wika.

Ketua Umum Percasi Buleleng yang diwakili oleh Ketut Sukalegawa mengapresiasi penuh kegiatan ini. Menurutnya, turnamen catur yang diselenggarakan oleh UKM Menwa STAHN Mpu Kuturan merupakan bentuk kolaborasi antara Percasi dan STAHN Mpu Kuturan Singaraja.

“Harapan ke depan, semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan lagi dengan cakupan yang lebih luas, termasuk kategori SD dan SMP, sehingga jumlah peserta dapat lebih banyak," ungkap Ketut Sukalegawa.

Dari hasil turnamen untuk kategori SMA/SMK, I Gede Satria Tangkas dari SMA N 2 Singaraja berhasil menjadi jawara, disusul I Made Agus Arya Satya dari SMA N Bali Mandara sebagai juara 2, dan I Nyoman Shiva Arya Wiguna dari SMA N 4 Singaraja sebagai juara 3. Sementara untuk kategori umum, juara 1 diraih I Dewa Made Aditya Jaya dari Politeknik Negeri Bali, Anak Agung Gde Agung dari Universitas Pendidikan Ganesha sebagai juara 2, dan I Made Bayu Budhiarta Tangkas dari SMP N 4 Singaraja sebagai juara 3. (hms)