Bentuk Peningkatan Kualitas Prodi, P2M STAHN Mpu Kuturan Gelar Audit Mutu Internal

Pengumuman Pembayaran SPP Semester Genap 2021/2022
January 14, 2022
Jalin MoU Dengan SD Taman Rama Jimbaran, STAHN Mpu Kuturan Siap Kerjasama Untuk Kemajuan Pendidikan
January 15, 2022

SINGARAJA, HUMAS – Pusat Penjaminan Mutu (P2M) Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja melakukan penyamaan persepsi terhadap pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) yang berlangsung di Aula Gedung Rektorat kampus Jalan Pulau Menjangan, Jumat 14 Januari 2022.

Audit Mutu Internal (AMI) adalah proses bagi Perguruan Tinggi untuk melakukan perbaikan secara terus menerus. Sesuai dengan SPMI dimana tahapannya menggunakan siklus PPEPP (Perencanaan-Pelaksanaan-Evaluasi-Pengendalian-Peningkatan), maka seyogyanya kegiatan diawali dengan perencanaan dan pelaksanaan standar, kemudian dilakukan AMI sebagai proses evaluasi kesesuaian antara proses atau pelaksanaan dengan standar yang telah ditetapkan.

“Kegiatan ini untuk memastikan implementasi sistem manajemen sesuai dengan sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan. Selanjutnya mengidentifikasi peluang perbaikan sistem manajemen mutu, mengevaluasi efektifitas penerapan manajemen mutu dan memastikan sistem manajemen mutu memenuhi standar/regulasi,” jelas Kepala Pusat Penjaminan Mutu (P2M) Dr. Putu Sanjaya., M.Pd.H.

Sementara itu, Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Kelembagaan STAHN Mpu Kuturan Dr. I Made Sedana., M.Pd yang mewakili Ketua STAH N Mpu Kuturan Singaraja menyambut baik pelaksanaan Audit Mutu Internal yang dilaksanakan oleh P2M. Menurutnya, sistem Penjaminan Mutu Internal sangat penting dilakukan untuk memastikan mutu dari kampus sesuai dengan Standar SN Dikti yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

“Dan saya juga mengapresiasi atas lulusnya 30 Orang Auditor Mutu Internal yang akan menjadi garda terdepan dan pejuang mutu STAH N Mpu Kuturan Singaraja,” ujarnya.

Kegiatan penyamaan persepsi  ini diikuti oleh Para Auditor, Gugus Kendali Mutu Jurusan dan Unit Pengendali Mutu Program Studi yang dilaksanakan selama sehari penuh dengan  menghadirkan 3 (tiga) narasumber yaitu Kepala P2M Dr. Putu Sanjaya., M.Pd.H dengan materi  Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal, selanjutnya I Nyoman Suka Ardiyasa., M.Pd., M.Fil.H yang menyampaikan materi Petunjuk Teknis pelaksanaan AMI dan Putu Suardipa., M.Pd menyampaikan materi tentang Sistematika Pelaporan dan Pengolahan Data.  Rencannya kegiatan Audit Mutu Internal akan terlaksanakan selama seminggu dengan melakukan Audit pada masing-masing Prodi oleh para Auditor yang telah ditugaskan. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.