Bedah Buku Untuk Menggali Pengetahuan Melalui Literasi

Mahasiswa STAHN Mpu Kuturan Berjaya Dikancah Internasional, Adelia Savitri Sabet Juara 1 Baca Puisi Se Asia Tenggara
November 23, 2021
UKM Keputrian STAHN Mpu Kuturan Gelar Lomba Fashion Show
November 25, 2021

SINGARAJA, HUMAS – Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Negeri Mpu Kuturan Singaraja bekerjasama dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah serta Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI menggelar kegiatan launching dan bedah buku, yang berlangsung di Aula Gedung Rektorat Kampus jalan Pulau Menjangan, Selasa, 24 November 2021.

Kegiatan tersebut dibuka Ketua Jurusan Dharma Duta STAHN Mpu Kuturan Singaraja I Nyoman Suardika, S.Ag., M.Fil.H. Dalam sambutannya, mengapresiasi kegiatan bedah buku tersebut. Ia pun menginginkan agar kedepan, akan terjalin kerjasama dan kolaborasi dengan Perpusnas RI dan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah.

Karena menurutnya, ketika berbicara tentang literasi, ada banyak manfaat yang bisa dicapai melalui membaca, menulis dan mengungkapkan. Hal ini pun sejalan dengan visi STAHN Mpu Kuturan Singaraja yakni Unggul Bermartabat dan Berkarakter Tri Kaya Parisudha.

“Dengan literasi ini kita lebih unggul, lebih bermartabat dan bias mengimplementasikan ajaran Tri Kaya Parisudha itu sendiri. Harapan kami, dengan kegiatan ini bisa menyusun dan setiap tahun bisa melaksanakan bedah buku dengan bekerjasama dengan Perpusnas Press,” ujarnya.

Buku yang di launching dan dibedah dalam kegiatan tersebut yakni berjudul “Menguak Dunia Literasi”. Buku itu merupakan Karya dari Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Dr. I Ketut Sweca, M.Si. Dijelaskan, buku setebal 352 halaman itu ditulis dengan harapan memberikan inspirasi bagi para pembaca untuk tertarik dengan dunia literasi dan terus menggalinya. Menurutnya, buku ini memuat materi-materi terkait literasi seperti perbukuan, kepustakaan, cara meningkatkan minat baca, teknik menulis, dan teknik berbicara.

“Buku ini saya tulis dengan gaya populer, jadi tidak kaku untuk dibaca semua kalangan,” kata Sweca.

Di tempat yang sama, Ketua Tim Redaksi Perpusnas Press Edi Wiyono mengapresiasi diluncurkannya buku “Menguak Dunia Literasi” itu. Hal itu karena keaktifan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menulis merupakan hal yang baik bagi perkembangan literasi jajaran ASN di Indonesia.

“Tentu sangat baik, jika ASN memberikan sumbangsih kepada dunia literasi Indonesia, kami harap makin banyak ASN lain yang ikut berpartisipasi,” tandasnya. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.